Wujudkan Pemerataan Kualitas Notaris, UPH Gelar Seminar Kenotariatan

Wujudkan Pemerataan Kualitas Notaris, UPH Gelar Seminar Kenotariatan
Kemenkumhan berharap para calon notaris mampu menggunakan teknologi demi memberikan pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat.
Ahmad Salman / AIS Kamis, 4 Juli 2019 | 21:10 WIB

Tangerang, Beritasatu.com - Notaris Indonesia kini didorong untuk mampu menguasai teknologi dan informasi di era industri 4.0. Penguasaan IT ini diharapkan mampu meningkatkan pelayanan dan profesionalisme para notaris.

Merealisasikan hal tersebut, Universitas Pelita Harapan (UPH) Karawaci, Tangerang, Banten, menggelar seminar nasional kenotariatan.

Kementerian Hukum dan HAM sebagai lembaga yang berhak melantik, memindahkan, dan memberhentikan notaris kini tengah bekerja sama dengan organisasi profesi. Termasuk dengan kampus untuk mewujudkan pemerataan kualitas notaris di Indonesia.

Hal ini harus dilakukan karena pendidikan kenotariatan dimulai dari kampus. Sedangkan organisasi profesi sebagai perpanjangan tangan pemerintah berfungsi melatih calon notaris sebelum mereka bertugas di lapangan.

Melalui seminar ini, Kemenkumhan berharap para calon notaris mampu menggunakan teknologi demi memberikan pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat.

Hal senada juga diungkap founder Lippo Group Mochtar Riady. Mochtar menyebutkan notaris di Indonesia memerlukan pemahaman dan penguasaan AI atau artificial intelligence, untuk memastikan setiap dokumen yang diproses dalam hal kenotariatan bersifat otentik atau asli.

Lihat video: 



Sumber: BeritaSatu TV