Menlu Retno Sampaikan Dukacita Atas Meninggalnya Sutopo

Menlu Retno Sampaikan Dukacita Atas Meninggalnya Sutopo
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho memberikan keterangan pers terkait update tanggap bencana Sulawesi Tengah, di Gedung BNPB, Jakarta, 4 Oktober 2018. ( Foto: Antara / Galih Pradipta )
/ YUD Minggu, 7 Juli 2019 | 12:09 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan dukacita meninggalnya Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho.

"Sugeng kondur Pak Topo, doa kami menyertai panjenengan kondur menghadap Sang Khalik," tulis Menlu dalam unggahan di akun Instagramnya @retno_marsudi, Minggu (7/7/2019).

Ucapan belasungkawa juga telah disampaikan Menlu kepada istri Sutopo, Retno Sutopo.

Dalam unggahan tersebut, Menlu mengenang kembali saat dirinya pernah "satu panggung" bersama Sutopo saat menerima Penghargaan untuk Pemimpin Kemanusiaan (Special Award for Humanitarian Diplomacy Leader) dari lembaga kemanusiaan Pos Keadilan Peduli Ummat (PKPU) Human Initiative pada Desember 2018.

Menlu Retno juga menyertakan kutipan pernyataan Sutopo tentang bagaimana "hidup tidak ditentukan dari seberapa lama seseorang hidup di dunia, tetapi bagaimana ia bisa berguna bagi orang lain".

"Selamat jalan Pak Topo... Figur yang penuh dedikasi itu sudah mendahului kita," tulis Retno.

Sutopo menghembuskan nafasnya yang terakhir, Minggu, pukul 02.20 (01.20 WIB) di Guangzhou St. Stamford Modern Cancer Hospital, saat tengah menjalani perawatan terkait penyakit kanker paru-paru yang dideritanya.

Konsulat Jenderal RI (KJRI) Guangzhou telah berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait di China, seperti pimpinan rumah sakit, Bea Cukai, dan pimpinan kantor perwakilan Garuda Indonesia untuk memastikan agar jenazah Sutopo dapat dipulangkan ke Tanah Air secepatnya.



Sumber: ANTARA