Ribuan Pelayat Antar Jenazah Sutopo Purwo Nugroho ke Pemakaman

Ribuan Pelayat Antar Jenazah Sutopo Purwo Nugroho ke Pemakaman
Sutopo Purwo Nugroho. ( Foto: Antara )
Stefi Thenu / FMB Senin, 8 Juli 2019 | 09:57 WIB

Boyolali, Beritasatu.com - Ribuan pelayat mengantar jenazah Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho ke tempat peristirahatan terakhir di TPU Sonolayu, Senin (8/7/2019) pagi.

Lokasi pemakaman hanya berjarak sekitar 500 meter dari rumah duka di Surodadi, RT 007/RW 009, Siswodipuran, Boyolali, Jawa Tengah. Di antara ribuan pelayat tampak hadir staf dan pejabat BNPB, pejabat Pemkab Boyolali, serta Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Dalam sambutannya, Kepala BNPB Letjen Doni Monardo mengatakan sosok Sutopo Purwo Nugroho merupakan pahlawan kemanusiaan.

"Pak Topo aparat yang tangguh, bekerja tanpa pamrih dan bekerja sepenuh hati," ujar Doni.

Di mata BNPB sosok Topo sebagai orang yang bisa menyampaikan informasi bencana di daerah dengan cepat.

"Pak Topo telah bisa menyampaikan pesan bencana, mengumpulkan berita dari daerah, dari masyarakat dan menuliskan laporan yang dimengerti untuk diteruskan pada pejabat, masyarakat," kata Doni.

Menurut Doni, Sutopo bisa memberi masukkan pada pejabat untuk menangani bencana alam. "Pak Topo bisa menyatukan semua pihak," ujarnya lagi.

Letjen Doni juga menyampaikan terima kasih untuk semua pihak yang sudah memberi bantuan.

"Pak Topo dapat perhatian baik di dalam negeri maupun luar negeri. Baik di dunia maya dan nyata. Bahkan Presiden Jokowi memberi berhatian khusus untuk almarhum. Semoga yang dilakukan Pak Topo bisa dicontoh seorang yang punya kemauan keras dalam mengabdi pada negara," tuturnya. 



Sumber: Suara Pembaruan