Orari Berperan Penting dalam Komunikasi Bencana

Orari Berperan Penting dalam Komunikasi Bencana
Para pengurus OrariLokal Yogyakarta (OLY) berfoto bersama saat pelantikan pengurus di Hotel Galleria Prawirotaman, Yogyakarta, Minggu, 7 Juli 2019. ( Foto: Istimewa )
Asni Ovier / AO Senin, 8 Juli 2019 | 16:22 WIB

Yogyakarta, Beritasatu.com – Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) memiliki peran yang penting dalam kebencanaan di Tanah Air. Orari memberi dukungan komunikasi radio dalam tanggap darurat bencana dan dukungan komunikasi radio pada kegiatan-kegiatan penting lainnya.

Hal itu dikatakan Ketua Orari Lokal Yogyakarta (OLY) Rifqi Rizal dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Senin (8/7/2019). Sebelumnya, pada Minggu (7/7/2019), Rifqi melantik pengurus OLY di Hotel Galleria Prawirotaman, Yogyakarta.

Acara pelantikan tersebut dihadiri oleh Ketua Orari Daerah (Orda) DIY, Ketua RAPI DIY, Ketua DPP OLY, dan perwakilan dari Balmon DIY. Rifqi mengajak seluruh pengurus untuk mengemban amanah dengan sunguh-sungguh dan penuh tanggung jawab.

Dia juga mengingatkan bahwa Orari bertujuan mewujudkan Amatir Radio Indonesia yang berpengetahuan dan terampil di bidang komunikasi radio dan teknik elektronika radio untuk diabdikan bagi kepentingan bangsa dan negara.

Ketua Bagian Pendidikan OLY Periode 2019-2022, Y Sri Susilo mengatakan, terkait dengan tanggap darurat bencana, OLY juga mempunyai communication & resque (Core) yang selama ini berpartisipasi aktif dalam memberi dukungan darurat bencana, khususnya di wilayah DIY. Program kerja OLY periode 2019-2022 dalam jangka pendek adalah menyusun program dan basis data administrasi keanggotaan.

“Tujuan dari program kerja tersebut adalah membantu anggota OLY untuk memperpanjang keanggotaan, update data keanggotaan yang diterbitkan Dirjen Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Kementerian Kominfo, dan pendaftaran anggota baru,” ujarnya.

Program kerja lain adalah melanjutkan kegiatan rutin yang telah berjalan, misalnya Monitoring NET, Dxing & Contesting, Fox Hunting, dan Dukom. “Tentu OLY tetap akan melanjutkan kerja sama dengan mitra strategis, seperti Orda DIY, Balmon DIY, Kepolisian, Pemda DIY, Pemkot Yogyakarta, serta pemangku kepentingan lain,” ujarnya.

Pengurus OLY periode 2019-2022 terdiri atas 25 orang, antara lain Rifqi Rizal (Ketua/YB2XPF), Edy Karsono (Wakil Ketua/YC2YIZ), Andi Bharoto Setiawan (Sekretaris/YD2YYD), dan Rudy Hartono (Bendahara/YC2VDI). Dalam susunan pengurus terdapat ketua bidang yang meliputi organisasi serta operasional dan teknik.

Selain itu, juga ada ketua bagian yang meliputi keanggotaan, pendidikan, dan operasional. Untuk mendukung kegiatan organisasi juga dibentuk sejumlah koordinator dan seksi.



Sumber: BeritaSatu.com