Hujan Lebat, Ratusan Rumah Warga di Kota Bengkulu Terendam Banjir

Hujan Lebat, Ratusan Rumah Warga di Kota Bengkulu Terendam Banjir
Ilustrasi banjir di jalanan. ( Foto: Antara )
Usmin / JEM Selasa, 9 Juli 2019 | 08:12 WIB

 

Bengkulu, Beritasatu.com - Ratusan rumah warga di sejumlah titik di Kota Bengkulu, Senin (8/7/2019), terendam banjir akibat hujan lebat melanda daerah ini lebih dari empat jam.

Pantuan Suara Pembaruan di Bengkulu, Selasa (9/7/2019), beberapa titik di Kota Bengkulu yang terendam banjir antara lain Rawa Makmur, Bentiring, Tanjung Agung, Tanjung Jaya, Semarang, Lempuing, Kampung Melayu, dan beberapa wilayah lainnya.

Namun, genangan banjir di beberapa wilayah tersebut, Selasa pagi, sudah mulai surut dengan ketinggian air sebatas mata kaki orang dewasa. Namun, jika hujan lebat turun lagi pada hari ini, genangan air bakal kembali terjadi sehingga menghambat aktivitas masyarakat.

"Kita berharap hujan lebat tidak turun lagi sehingga genang air di rumah warga surut. Kami sudah cemas Pak, takut banjir pada April lalu kembali terulang, karena hujan benar-benar lebat," kata Asmara (37), warga Rawa Makmur.

Ia mengatakan, hujan yang turun pada Senin (8/7/2019) pukul 13.30 WIB tersebut, sangat lebat disertai badai dan petir dan berlangsung selama hampir empat jam. Kondisi ini membuat sejumlah wilayah di Kota Bengkulu tergenang banjir termasuk Rawa Makmur.

Dalam tempo singkat Sungai Bengkulu meluap dan beberapa daerah di sekitar sungai tersebut tergenang banjir. Seperti Perumahan Korpri, Tanjung Jaya dan Tanjung Agung, serta Sukamerindu. Namun, genangan air beberapa jam kemudian mulai surut.

Namun, warga tidak yang mengungsi ke tempat aman, karena genangan air di rumah mereka tidak terlalu tinggi hanya beberapa senti meter saja. "Banjir Senin sore tidak sebesar pada baniir akhir April, sehingga kita tidak mengungsi ke tempat aman," kata Sukahar (47), warga Tanjung Agung.

Meski demikian, warga sudah bersiap-siap akan mengungsi ke tempat aman jika hujan tidak redah hingga pukul 21.00 WIB. Sebab, kalau hujan hingga pukul 21.00 WIB tidak berhenti dipastikan genang air di rumah warga akan semakin tinggi.

"Syukurlah pada pukul 18.30 WIB hujan mulai redah, sehingga tidak terjadi banjir besar, seperti akhir April lalu. Kami berharap tidak ada lagi hujan lebat turun hari ini sehingga genang banjir benar-benar surut," ujarnya.

Kepala BPBD Kota Bengkulu, Selupati mengatakan, banjir yang melanda beberapa wilayah di Kota Bengkulu, Senin malam tidak menimbulkan korban jiwa dan kerugian materil di masyarakat daerah ini.

Pasalnya, banjir yang melanda beberapa titik di Kota Bengkulu, tidak terlalu tinggi dan genangan air di rumah warga cepat surut, sehingga tidak sempat merendam barang berharga milik masyarakat.

"Kita berharap Selasa ini hujan lebat tidak turun lagi di Kota Bengkulu, kasihan warga rumah akan terendam banjir lagi. Namun, kita tempat minta warga Kota Bengkulu mewaspadai banjir susulan menginat cuaca di daerah ini masih mendukung," ujarnya



Sumber: Suara Pembaruan