Bahar Smith Divonis 3 Tahun Penjara

Bahar Smith Divonis 3 Tahun Penjara
Bahar bin Smith. ( Foto: Antara )
Adi Marsiela / JEM Selasa, 9 Juli 2019 | 13:49 WIB

Bandung, Beritasatu.com - Majelis hakim Pengadilan Negeri Bandung menjatuhkan vonis 3 tahun penjara serta denda Rp 50 juta subsider tiga bulan kepada terdakwa penganiayaan terhadap anak, Habib Assayid Bahar bin Smith alias Habib Bahar dalam sidang di Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bandung, Selasa (9/7/2019). Vonis ini lebih ringan tiga tahun dibandingkan tuntutan jaksa.

Sebelumnya, penuntut umum dari Kejaksaan Negeri Bogor meminta hakim menjatuhkan hukuman enam tahun penjara dan denda Rp 50 juta subsider tiga bulan kurungan kepada Bahar Smith.

Tuntutan ini bermula dari penganiayaan yang dilakukan Bahar secara bersama-sama dengan Agil Yahya alias Habib Agil, Muhamad Abdul Basit Iskandar, Habib Husen, Wiro, Ginda Tato, dan Keling kepada CAJ (18) dan MKU (17) pada 1 Desember 2018 lalu. Habib Agil dan Muhamad Abdul Basit Iskandar dihadapkan dalam persidangan terpisah.

Majelis hakim yang diketuai, Edison Muhamad menilai perbuatan terdakwa terbukti melanggar Pasal 333 ayat 2 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana) juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP, dakwaan kedua primair Pasal 170 ayat 2 ke 2, serta dakwaan ketiga Pasal 80 ayat 2 juncto Pasal 76C Undang-Undang Perlindungan Anak. Sebelumnya, jaksa mendakwa Bahar dengan tujuh pasal berlapis.

Sebelum dan saat persidangan berlangsung, setidaknya ratusan pendukung Bahar berunjuk rasa di jalanan depan gedung. Bagian Operasi Kepolisian Resor Kota Besar Bandung mencatat ada 1.048 personel pengamanan gabungan yang diturunkan mengawal persidangan ini.



Sumber: Suara Pembaruan