441 Calon Haji Kolter 2 Embarkasi Batam Bergerak Menuju Makkah

441 Calon Haji Kolter 2 Embarkasi Batam Bergerak Menuju Makkah
Ilustrasi ibadah haji di Mekah, Arab Saudi. ( Foto: AFP )
/ JAS Minggu, 14 Juli 2019 | 21:48 WIB

Kota Pekanbaru, Beritasatu.com - Sebanyak 441 calon haji Kelompok Terbang (Kloter) 2 Embarkasi Batam, berdasarkan jadwal, menjadi rombongan pertama yang akan berangkat ke Makkah pada Minggu (14/7/2019), pukul 16.00 waktu setempat atau 20.00 WIB.

"Sesuai jadwal jamaah dari Kloter BTH (Embarkasi Batam) 2 akan menempati hotel atau layanan akomodasi di Makkah dan sebanyak 441 jamaah ditambah lima petugas akan diinapkan di Hotel Royal Makkah Hotel selama di Makkah," kata Pranata Humas Ahli Kanwil Kemag Riau Vethria Rahmi di Pekanbaru, Minggu.

Dia mengatakan jamaah calon haji Indonesia gelombang pertama yang telah berada di Madinah selama sepekan akan mulai bergerak ke Makkah, tidak terkecuali jamaah dari Riau yang sudah sepekan berada di Madinah.

Jamaah calon haji Riau mulai diberangkatkan ke Makkah pada Minggu, Kloter 2 BTH dan JCH BTH 1 Kepri. Jemaah yang berangkat umumnya telah melaksanakan salat arbain di Masjid Nabawi. Jemaah juga sudah mengunjungi situs sejarah Islam, seperti Masjid Quba, Masjid Qiblatain, dan Jabal Uhud.

"Berdasarkan keterangan Rialis selaku ketua kloter ada seorang jamaah yang tidak berangkat ke Makkah hari ini, yakni Zuresmi, karena dirawat di rumah sakit TKHI Indonesia, yang mengalami gagal jantung, diindikasi sudah bawaan dari Tanah Air," kata dia.

Semula anggota jamaah berjumlah 448 orang, termasuk petugas, Namun, tercatat satu orang wafat dan satu lainnya sakit dan tidak bisa ikut bersama kloter, sehingga yang akan diangkut ke Makkah 446 orang, termasuk petugas.



Sumber: ANTARA