Kemanunggalan TNI dengan Rakyat Urat Nadi Pertahanan Negara

Kemanunggalan TNI dengan Rakyat Urat Nadi Pertahanan Negara
Upacara 17-an di Kodam Iskandar Muda, Banda Aceh, Rabu (17/7/2019) ( Foto: Istimewa )
Rully Satriadi / RSAT Rabu, 17 Juli 2019 | 12:20 WIB

Banda Aceh, Beritasatu.com - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengajak semua prajurit agar selalu memelihara dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Menurutnya, persatuan dan kesatuan merupakan modal utama bangsa Indonesia, mengingat Kebhinnekaan yang dimiliki Indonesia.

“Tidak salah bila para pendiri negara ini menetapkan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia,” ujar Panglima TNI dalam amanatnya yang dibacakan Inspektur Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapoksahli) Pangdam Iskandar Muda Kolonel Inf Y. Bagus Budianto saat menjadi inspektur upacara 17-an di Lapangan Jasdam Iskandar Muda, Neusu Jaya, Banda Aceh, Rabu (17/7/2019).

Upacara 17-an yang diselenggarakan Kodam Iskandar Muda ini diikuti para Pa Ahli Pangdam Iskandar Muda, para Asisten, para Kabalak, LO AL, LO AU serta ratusan prajurit TNI Kodam Iskandar Muda baik perwira, bintara, tamtama, dan PNS TNI AD segarnisun Banda Aceh.

Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengharapkan kepada seluruh TNI, agar selalu memelihara dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Karena Kemanunggalan TNI dengan rakyat adalah urat nadi sistem pertahanan semesta. Sadari bahwa TNI berasal dari rakyat, berjuang bersama-sama rakyat, demi kepentingan rakyat,” tegas Panglima TNI.

Panglima TNI juga mengajak untuk berdoa bagi keselamatan rekan-rekan prajurit TNI yang saat ini masih belum ditemukan di Papua.

“Saat ini pasukan yang ada terus berupaya menemukan 12 prajurit dan helikopter mi-17 yang hilang kontak di pegunungan Bintang, Papua,” ujarnya.

Dalam upacara tersebut bertindak sebagai Komandan Upacara Letkol CHK Khairuman yang sehari-harinya menjabat Wakil Kepala Kumdam IM, pengucap Saptamarga Letda Caj Wahyu Yudha Perkasa, pembaca Undang Undang Dasar 1945 Letda Caj Kukuh Nurpramono. Sedangkan pembaca Korp Panca Satya Kopri oleh PNS TNI AD Jamaluddin.



Sumber: Suara Pembaruan