Pemilik Akun @reaksirakyat1 Diringkus

Pemilik Akun @reaksirakyat1 Diringkus
Brigjen Dedi Prasetyo. ( Foto: Antara )
Gardi Gazarin / BW Rabu, 17 Juli 2019 | 11:27 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Polri meringkus Faisol Abod Batis yang merupakan pemilik sekaligus admin akun Instagram @reaksirakyat1. Sebab, konten-konten digital yang dipostingnya mengandung unsur penghinaan terhadap Presiden Jokowi, Polri, dan ujaran kebencian serta mengandung unsur suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo Rabu (17/7) membenarkan, Faisol ditangkap di rumahnya, Perumahan Permata Jingga, Lowokwaru, Malang, Jawa Timur pada 10 Juli 2019 lalu.

Faisol diduga membuat postingan pada akun Instagram-nya dengan caption kebohongan demi kebohongan. Menurut Dedi, tersangka Faisol dalam akunnya menulis konflik agraria rezim Jokowi, 41 orang tewas, 51 orang tertembak, 546 dianiaya, dan 940 petani atau pejuang lingkungan dikriminalisasi.

Selain itu, Faisol juga memposting terjadi 1.769 kasus konflik agraria sepanjang pemerintahan tahun 2015-2018. Kasus ini kata Faisol dalam postingannya meliputi konflik perkebunan, properti, hutan, laut, tambang dan infrastruktur. Dia juga menuduh, polisi gagal melindungi hak asasi manusia saat aksi 21-23 Mei 2019.

Dalam pemeriksaan terungkap, tersangka memposting kontennya untuk menghasut masyarakat agar terprovokasi dan membenci pemerintah dan Polri. Dari tangan tersangka, polisi menyita dua unit ponsel.



Sumber: Suara Pembaruan