Berselisih dengan Menkumham, Wali Kota Tangerang Dipanggil Mendagri

Berselisih dengan Menkumham, Wali Kota Tangerang Dipanggil Mendagri
Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah dan Wakil Walikota Tangerang Sachrudin saat mengarak Piala Adipura Kencana keliling kota Tangerang, Banten, Kamis (5/6). ( Foto: Antara/Lucky.R )
Carlos KY Paath / HA Rabu, 17 Juli 2019 | 16:30 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan memanggil Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah dan juga Gubernur Banten Wahidin Halim dan pada Kamis (18/7/2019). Pemanggilan ini terkait perselisihan Arief dengan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly soal lahan Kementerian Hukum dan HAM.

“(Arief) akan kami undang besok siang. Kami juga akan memanggil gubernur supaya ikut memberikan pembinaan. Ini miskomunikasi yang seharusnya wali kota tidak boleh melakukan langkah-langkah yang menuduh sesuatu yang belum terkonfirmasi dengan benar,” kata Tjahjo di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Untuk diketahui, Yassona menyebut Pemerintah Kota Tangerang menghambat penerbitan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) lahan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemkumham). Merespons itu, Arief lantas menghentikan pelayanan publik di lingkungan Kantor Kemkumham Tangerang.

Baca juga: Kemkumham Polisikan Wali Kota Tangerang

“Wali kota tidak boleh melangkah sepihak. Melakukan langkah-langkah yang merugikan publik seperti memutus air, memutus listrik. Itu tidak boleh. Saya yakin Menkumham juga merasa tidak salah, maka beliau berani melaporkan (Arief) kepada polisi supaya dibuka secara hukum siapa yang salah,” ujar Tjahjo.

Pihak Kemkumham memang telah melaporkan Arief ke pihak kepolisian. Menurut Tjahjo, peristiwa tersebut menjadi pelajaran bagi seluruh pihak.

“Ini pelajaran buat saya juga bahwa segala sesuatu harus dikomunikasikan dengan baik. Sebagai kepala daerah juga harus berparsangka baik, apalagi membuat kebijakan yang sifatnya emosional yang merugikan publik,” ucap Tjahjo.



Sumber: BeritaSatu.com