61 Jenderal Polisi Pensiun

61 Jenderal Polisi Pensiun
Mabes Polri menggelar wisuda purna wira pati di PTIK Rabu (17/7/2019). ( Foto: Beritasatu.com / Farouk Arnaz )
Farouk Arnaz / FMB Rabu, 17 Juli 2019 | 16:59 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Mabes Polri menggelar wisuda purna wira pati di PTIK Rabu (17/7/2019). Sebanyak 61 jenderal yang terdiri dari jenderal bintang tiga, bintang dua, dan bintang satu resmi dilepas karena telah memasuki masa pensiun 58 tahun.

Mereka dilepas secara resmi oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama pejabat utama Polri dan beberapa Kapolri di masanya masing-masing. Upacara pedang pora menjadi puncak acara yang digelar sebagai bentuk penghormatan itu.

Dua jenderal bintang tiga itu adalah mantan Kabaintelkam Komjen (pur) Lutfi Lubihanto dan mantan Kabaintelkam Komjen (pur) Unggung Cahyono. Sedangkan jenderal bintang dua, di antaranya, tampak mantan Kapolda Bali Irjen (pur) Ronny F Sompie, mantan Kapolda Jatim Irjen (pur) Machfud Arifin, dan mantan Kapolda Maluku Irjen (pur) Murad Ismail.

“Beberapa pesan sudah disampaikan dalam upacara purnawira ini (kepada polisi yang masih aktif) yaitu untuk selalu menjauhi dan menguasai yang bukan haknya, apalagi melanggar hukum,” kata Lutfi mengingatkan para juniornya.

Lulusan Akpol angkatan 1984 itu melanjutkan jika atas nama purnawirawan dia meminta maaf atas perkataan dan perbuatan bila
ada yang salah dan menyakitkan.

“Kami titipkan istitusi Polri ini sebagai pelindung, pengayom, dan pelayanan masyarakat. Jangan sekali-kali menyakiti hati masyarakat karena bisa saja amanat itu dicabut jika masyarakat tidak percaya lagi dengan Polri,” ingatnya.

Mantan Kapolda Jambi ini juga meminta Polri tetap bekerja sesuai dengan aturan UU. Tidak memihak perorangan, kelompok, atau golongan.

Saat ditanya Beritasatu.com soal pesan seniornya itu, Tito hanya menjawab singkat, “itu sudah bagus. Sudah seharusnya begitu.”

 



Sumber: BeritaSatu.com