Menpar: Kalender Event Mampu Dongkrak Kunjungan Wisata

Menpar: Kalender Event Mampu Dongkrak Kunjungan Wisata
Penyelenggaraan coaching clinic event CeO yang digelar Kementerian Pariwisata. ( Foto: istimewa )
Chairul Fikri / CAH Rabu, 17 Juli 2019 | 17:12 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - 100 event pariwisata yang tercantum dalam Calender of Event (CeO) setiap tahunnya ternyata mempunyai dampak besar dalam mendongkrak kunjungan wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara ke destinasi event tersebut digelar. Kementerian Pariwisata berharap daerah serius menyusun dan menggarap event-event tersebut agar bisa mendatangkan wisatawan lebih banyak lagi ke Indonesia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan penyelenggaraan event pariwisata di Indonesia itu memang mutlak disusun dalam sebuah calender event. Hal itu penting karena wisatawan bisa dengan mudah mengetahui event-event pariwisata yang ada didaerah itu disamping tujuan mereka datang untuk melihat destinasinya.

"Secara langsung belum ada perhitungannya berapa persen pengaruh CeO untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke Indonesia. Namun saya melihat daerah-daerah yang telah menyelenggarakan event-event pariwisata jadi dikenal oleh dunia dan menarik wisatawan untuk mengetahui daerah itu," ujar Arief Yahya.

"Di era revolusi industri 4.0 sumber daya manusia (SDM) yang andal merupakan kunci sukses pembangunan pariwisata, termasuk dalam penyelenggaraan event CoE berstandar internasional. Untuk ini perlu diselenggarakan coaching clinic bagi para pemangku kepentingan dan penyelenggara event dengan narasumber yang professional dan kompeten," ujar Menpar.

Ditambahkan Menpar meski hingga kini belum ada studi yang menerangkan pengaruh CeO ini terhadap kunjungan wisatawan ke Indonesia. Namun secara pengamatan dan hipotesis yang dilakukan Pemerintah dampak penyelenggaraan event pariwisata di daerah cukup banyak membuat wisatawan melirik daerah-daerah baru yang patut dikunjungi.

"Saya berharap daerah dan juga kepala daerah serius menyelenggarakan event pariwisata untuk menarik wisatawan datang ke daerahnya. Oleh sebab itu, saya setuju dengan penyelenggaraan kegiatan ini, agar daerah tahu standar-standar penyelenggaraan event pariwisata yang bisa mendatangkan wisatawan ke daerahnya," tambahnya.

Dituturkan pula oleh Menpar, Penyelenggaraan CoE 2019 yang terdiri dari Top 10 Nasional Events dan 100 Wonderful Indonesia harus pula didukung dan diselenggarakan dengan baik bila mau daerahnya dikunjungi wisatawan. Maka perlu ada standar khusus untuk bisa sukses menyelenggarakan sebuah event.



Sumber: BeritaSatu.com