Pemerintah Gelontorkan Anggaran Rp 6,4 Triliun untuk 4 Destinasi Wisata

Pemerintah Gelontorkan Anggaran Rp 6,4 Triliun untuk 4 Destinasi Wisata
Danau Toba. ( Foto: Antara )
Arnold H Sianturi / JAS Jumat, 19 Juli 2019 | 16:05 WIB

Balige, Beritasatu.com - Pemerintah pusat menggelontorkan Rp 6,4 triliun untuk pengembangan empat destinasi wisata di Indonesia. Keempat destinasi prioritas di Indonesia itu, adalah Danau Toba, Borobudur, Mandalika, dan Labuhan Bajo. Namun Kementerian Pariwisita akan memprioritaskan Danau Toba untuk mendapat lebih banyak.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Jumat (19/7/2019) mengatakan, alasan Danau Toba diprioritaskan mendapat lebih lantaran kawasan wisata ini lebih besar.

"Dana Rp 6,4 triliun itu untuk empat destinasi. Rata-rata, sekitar Rp 1,6 triliun (per destinasi). Danau Toba bisa lebih karena lebih besar daerahnya," kata Arief Yahya di Balige.

Arief mengatakan anggaran itu nantinya akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan utilitas dalam kawasan wisata Danau Toba.

"Kalau di luar kawasan sudah terbukti dan bisa. Misalnya yang dahulu jalan kabupaten, sekarang jalan nasional dan sudah dibangun oleh (Kementerian) PUPR. Nah ini untuk pembangunan di bagian dalam kawasan Danau Toba," sebutnya.

Sebab menurut Arief, jika pembangunan di dalam kawasan wisata seperti jalan, air dan listrik sudah ada maka investor akan sangat mudah datang.

"Saat ini ada 7 investor yang sekarang sudah stanby, dengan proyeksi investasi sekitar Rp 6 triliun. Nah kita harapkan, jika itu dipercepat akan mempercepat investor lain untuk datang," sebut Arief.

Arief mengatakan seandainya dari Rp 6,4 triliun, kawasan wisata Danau Toba memperoleh Rp 2 triliun dan digunakan untuk membangun infrastruktur di dalam, itu mungkin bisa mempercepat datangnya investor.

"Nanti akan dirapatkan lagi apa kebutuhan yang di sini, apa saja yang diusulkan untuk destinasi utama kelas dunia," tukasnya.



Sumber: Suara Pembaruan