Hari Ini, KPU Seluma Tetapkan 30 Anggota DPRD Terpilih Hasil Pemilu 2019

Hari Ini, KPU Seluma Tetapkan 30 Anggota DPRD Terpilih Hasil Pemilu 2019
Pemilu 2019. ( Foto: BeritaSatu Photo )
Usmin / JAS Senin, 22 Juli 2019 | 08:12 WIB

Bengkulu, Britasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Seluma, Bengkulu, akan menetapkan sebanyak 30 orang anggota DPRD setempat masa bakti 2018-2019 yang terpilih pada Pemilu 17 April lalu setelah menerima surat registrasi dari Mahkamah Agung (MA) melalui KPU Provinsi Bengkulu, hari ini Senin (22/7/2019).

"Jika tidak ada aral melintang Senin (22/7/2019) ini, kita akan menggelar rapat pleno untu mengesahkan dan menetapkan sebanyak 30 anggota DPRD Seluma yang terpilih pada Pemilu 17 April lalu," kata Ketua KPU Seluma, Sarjan Efendi, di Bengkulu, Minggu (21/7/2019).

Ia mengatakan, KPU Seluma juga sudah menerima surat dari KPU Pusat melalui KPU Provinsi Bengkulu, agar pihaknya segera menggelar rapat pleno untuk menetapkan sebanyak 30 orang DPRD hasil Pemilu 17 April 2019 lalu.

Permintaan ini disampaikan KPU Pusat karena surat registrasi MA sudah disampaikan ke seluruh KPU kota, kabupaten dan provinsi di Tanah Air, termasuk KPU Seluma, sehingga calon anggota DPRD Seluma masa bakti 2019-2024 segera tetapkan dan disahkan oleh KPU setempat.

Sebab, pelantikan anggota DPRD hasil Pemilu 2019 akan dilaksanakan di pada bulan Agustus atau September mendatang. "Jadi, calon anggota DPRD yang terpilih Pemilu 17 April lalu segera kita tetapkan agar mereka bisa dilantik dalam waktu dekat," ujarnya.

Soalnya, masa tahapan pelaksanaan Pemilu 2019 segera berakhir dalam waktu dekat ini. Karena itu, KPU akan menetapkan calon anggota DPRD Seluma, yang terpilih pada Pemilu 17 April lalu, pada Senin ini.

KPU Seluma, kata Sarjan usai menggelar rapat pleno penetapan anggota DPRD terpilih hasil Pemilu 2019 lalu, akan mempersiapkan pelaksanaan Pilkada serentak pada September 2020 mendatang.

Bahkan, KPU Seluma telah mengusulkan anggaran kebutuhan dana Pilkada 2020 ke pemkab setempat sebesar Rp 25 milar. Pasalnya, tahapan pelaksanaan Pilkada 2020 serentak, akan dimulai pada September tahun ini.

"Kita berharap usulan dana pilkada yang kita ajukan ke Pemkab Seluma sebesar Rp 25 miliar dapat direalisasikan sesuai kebutuhan, sehingga tahapan dan pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Seluma pada September 2020 mendatang dapat dilaksanakan dengan lancar, aman dan sukses," ujarnya.

Dari pantauan  di lapangan, meski tahapan pilbup Seluma belum dimulai KPU setempat, tapi sudah beredar sejumlah nama di masyarakat yang akan mencolankan diri sebagai bupati pada Pilkada 2020 mendatang.

Sejumlah nama kandidat yang akan meramaikan Pilbup Seluma 2020 mendatang, di antaranya, Ketua Partai Demokrat Provinsi Bengkulu, Edison Simbolon, Sekda Pemkan Seluma, Irihadi, Ketua DPD Nasdem Seluma, Rusli Yakub, Wakil Bupati Seluma, Suprapto dan beberapa nama lainnya.

Beberapa nama kandidat balon bupati Seluma tersebut, saat ini mulai ramai dibicarakan di masyarakat setempat. Bahkan, sudah ada kandidat balon bupati Seluma diam-diam bergerak di masyarakat untuk mendapatkan dukungan.

Demikian pula sudah ada kandidat Bupati Seluma melakukan lobi dengan beberapa parpol di daerah tersebut agar bersedia mengusung sebagai calon bupati pada Pilkada serentak 2020 mendatang.



Sumber: Suara Pembaruan