Posko Disiagakan di Tangkuban Perahu, 15 Wisatawan Sesak Napas
Logo BeritaSatu

Posko Disiagakan di Tangkuban Perahu, 15 Wisatawan Sesak Napas

Sabtu, 27 Juli 2019 | 06:18 WIB
Oleh : HS

Bandung, Beritasatu.com - Petugas kepolisian sudah menyiagakan posko bencana di gerbang Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkuban Perahu menyusul erupsi yang terjadi pada Jumat (26/7). Beberapa mobil ambulans pun disiagakan dengan terparkir di pinggir posko tersebut.

Sementara petugas kepolisian dan sejumlah petugas siaga bencana terlihat masih berpatroli untuk memastikan situasi kembali normal. Adapun kondisi lalu lintas di Jalan Gunung Tangkuban Perahu terpantau lengang dan hanya beberapa kendaraan roda dua dan empat melintas.

Kapolres Subang AKBP M Joni memastikan dalam peristiwa tersebut tidak menelan korban jiwa. Dia mengatakan hanya ada beberapa warga yang mengalami luka mata akibat abu vulkanik.
"Tidak ada korban jiwa di tiga wilayah, hanya korban yang mengalami luka bagian mata, itu juga karena abu erupsi," kata Joni, Jumat.

Saat ini pihaknya masih terus berkordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) untuk bertindak lebih lanjut mana kala erupsi kembali terjadi. “Kalau ada tanda-tanda gempa vulkanik, radius lebih besar, lebih 5 km. Nanti koordinasi lagi untuk daerah terlarang," katanya.

Gunung Tangkuban Parahu di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat mengalami erupsi pada Jumat, pukul 15.48 WIB. Erupsi Gunung Tangkuban Parahu yang identik dengan legenda Sangkuriang itu dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 200 meter di atas puncak atau kurang lebih 2.284 meter di atas permukaan laut.

Sementara itu, Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat menyatakan sebanyak 15 wisatawan mengalami sesak nafas akibat erupsi yang terjadi di Gunung Tangkuban Parahu, Kabupaten Bandung Barat, Jumat sore.

"Ada 15 orang wisatawan yang terdampak sesak nafas dan sudah dibawa ke Sespim Porli Lembang," kata Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Jawa Barat Budi Budiman Wahyu.

Menurut dia, BPBD Provinsi Jawa Barat melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung Barat dan PVMBG.
Ia mengimbau kepada warga agar tetap waspada dan memperhatikan arahan dari petugas dan tidak terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab.



Sumber: ANTARA


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

UNHCR Upayakan Pengungsi Tidak Terus Tergantung Bantuan

UNHCR bersama Pemerintah Indonesia dan mitra seperti ILO dan Dompet Dhuafa, sedang memperluas proyek kewirausahaan, membuka ide-ide bisnis, dan start up lokal.

NASIONAL | 26 Juli 2019

Tangkuban Parahu Erupsi, Masyarakat Tak Usah Panik

Meskipun demikian, ia tetap mengimbau masyarakat dan wisatawan agar mewaspadai aktivitas Gunung Tangkuban Perahu di sekitar bibir kawah.

NASIONAL | 26 Juli 2019

Ombudsman: Pemerintah Harus Targetkan Pemerataan Mutu dan Fasilitas Pendidikan

Dalam pelaksanaan PPDB masih terjadi maladminstrasi yang tidak sesuai dengan SOP.

NASIONAL | 26 Juli 2019

Sayangkan Penahanan Munirwan, PDIP Aceh Advokasi Sertifikasi Benih IF8

PDIP akan mengerahkan bantuan tenaga ahli agar dapat melakukan kajian sesuai standar yang ditetapkan.

NASIONAL | 26 Juli 2019

PVMBG: Erupsi Tangkuban Parahu Menurun

Embusan masih berlangsung akan tetapi warna embusan kolomnya sudah berwarna putih yang artinya material yang dikeluarkan hanya dominan gas dan uap air.

NASIONAL | 26 Juli 2019

Radius Aman Tangkuban Parahu 2 Km

Erupsi Gunung Tangkuban Perahu tersebut terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 milimeter dan durasi sekitar lima menit 30 detik.

NASIONAL | 26 Juli 2019

Warga Jerman Diciduk Atas Kepemilikan Ganja

Penangkapan oleh petugas terhadap warga asal Jerman ini berawal dari informasi masyarakat.

NASIONAL | 26 Juli 2019

Program Peningkatan SDM Harus Ditunjang Ketahanan Pangan

"Produktivitas tenaga kerja kita akan ditentukan oleh investasi kesehatan termasuk melalui kualitas asupan pangan saat ini," kata Ahmad Suryana.

NASIONAL | 26 Juli 2019

Senin, Jokowi Janji Tanda Tangani Surat Amnesti Baiq Nuril

Jokowi meminta agar semuanya bersabar dengan proses resmi dikeluarkannya amnesti untuk Baiq Nurul.

NASIONAL | 26 Juli 2019

Tangkuban Parahu Erupsi, Penerbangan Masih Normal

AirNav Indonesia terus berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti PVMBG dan VAAC untuk melihat dampak erupsi terhadap penerbangan.

NASIONAL | 26 Juli 2019


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS