Sea Kembali Tawarkan Beasiswa Sarjana untuk 5 Kampus

Sea Kembali Tawarkan Beasiswa Sarjana untuk 5 Kampus
Penandatanganan Kerja Sama Beasiswa Sarjana Sea dengan lima kampus yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Bina Nusantara (Binus), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Gadjah Mada (UGM), di Jakarta, Jumat, 26 Juli 2019. ( Foto: Istimewa )
Maria Fatima Bona / JAS Sabtu, 27 Juli 2019 | 14:23 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sea sebagai salah satu perusahaan internet terbesar di Asia Tenggara tahun ini kembali menawarkan program Beasiswa Penuh Sea untuk sarjana (S-1) Indonesia 2019 dengan menggandeng lima kampus terkemuka Indonesia yaitu Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Bina Nusantara (Binus), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Presiden Komisaris Sea Group Indonesia, Pandu Patria Sjahrir, menuturkan, perusahaan SEA memiliki misi untuk meningkatkan kehidupan masyarakat dengan teknologi. Maka, Beasiswa Sea diharapkan dapat menjadi kontribusi dalam pemberdayaan generasi muda melalui pendidikan. Dalam hal ini penerima beasiswa SEA ini tidak hanya akan mendapatkan bantuan finansial namun juga akan diberikan pendampingan dalam pengembangan soft skill.

"Jadi mereka tidak hanya akan diberikan beasiswa. Kita juga akan memberikan mentoring dan pendampingan, khususnya dalam karakter dan juga kepemimpinan dari jajaran pimpinan grup Sea," kata Pandu pada acara Penandatangan Kerja Sama Beasiswa Sarjana Sea 2019 di Hotel The Westin, Jakarta, Jumat (26/7/2019).

Selanjutnya, dia menjelaskan, Sea tidak saja mencari penerima beasiswa yang pintar namun juga memilki karakter yang baik. Maka, beberapa faktor yang menjadi penilaian untuk seleksi beasiswa ini di antaranya adalah kapabilitas dan potensi pelamar dalam konteks penyelesaian masalah, pengambilan keputusan, kemauan untuk belajar, maupun kemampuan untuk beradaptasi.

Menurut Pandu, beasiswa tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pasalnya, Beasiswa Sea 2019 ini menawarkan dua jenis program yaitu Sea Freshman Scholarship Program yang ditujukan untuk para mahasiswa semester pertama dan Sea Senior Scholarship Program untuk para mahasiswa semester ketujuh.

Meski ini program lanjutan, akan tetapi untuk tahun ini tidak hanya memprioritaskan bidang sains, tetapi juga memfokuskan pada pengembangan ekonomi digital. “Hal ini sejalan dengan perusahaan di bawah Sea yang memang banyak bergerak dalam bidang ekonomi digital kreatif mulai dari game online hingga e-commerce," kata Pandu.

"Saat ini kita masih kekurangan anak muda yang memiliki talenta digital. Jadi ini sekaligus bentuk investasi kita untuk melahirkan lulusan berkualitas dalam ekonomi digital," jelasnya.

Sementara itu, Country Head Garena Indonesia, Hans Kurniadi Saleh mengatakan, salah satu keuntungan lain dari penerima beasiswa Sea adalah mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk menjalani program magang minimum satu bulan. “Bahkan, setelah para mahasiswa lulus, mereka kami persilakan untuk mengikuti proses rekrutmen dengan posisi yang strategis di Sea Group,” ujarnya.

Very Susanto dari bidang Kesejahteraan dan Pengembangan Karakter ITB mengatakan, pemberian beasiswa dari Sea merupakan bentuk dukungan dari industri terhadap pendidikan. Pasalnya, selain biaya kuliah, Sea juga memberikan fasilitas penunjang belajar seperti laptop dan ada pengembangan soft skill.

Dia menyebutkan, pada tahun pertama ada delapan mahasiswa penerima beasiswa Sea dan para mahasiswa selalu mendapat Indeks prestasi kumulatif(IPK) yang di atas rata-rata hingga lulus.

Pendapat senada juga disampaikan oleh Direktur Marketing Binus, Judi Arto. Dia menuturkan, para penerima beasiswa Sea ini memiliki nilai IPK yang baik sesuai dengan hasil seleksi level awal yang dilakukan oleh Sea. Oleh karena itu, dia memberikan apresiasi atas sinergi universitas dan dunia usaha yang dilakukan bersama Sea lewat program beasiswa.

“Program beasiswa yang berlanjut dengan dibukanya kesempatan kerja menjadi bentuk link and match secara menyeluruh dan berkelanjutan. Ini kan bagian kedua. Tahun lalu ada 10 anak yang masuk ke Binus. Ini sangat membantu sekali. Jadi kan enggak cuma biaya pendidikan ada juga uang saku dan laptop yang memang sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Proses seleksi penerima beasiswa akan dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu registrasi pada 22 Juli hingga 26 Agustus 2019, seleksi dokumen pada 29 Juli hingga 2 September 2019. Setelah itu, wawancara di kampus pada 4-16 September 2019 dan tahap terakhir yaitu pengumuman yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 September 2019 mendatang.

Untuk informasi lebih lanjut, mahasiswa dapat mengunjungi https://idscholarships.seagroup.com/ atau melalui email id-scholarships@seagroup.com.



Sumber: BeritaSatu.com