Nasdem Perjuangkan Aristan Menangkan Pilkada Kota Palu

Nasdem Perjuangkan Aristan Menangkan Pilkada Kota Palu
Kader Partai Nasdem Sulawesi Tengah, Aristan, salah satu kader terbaik partai itu yang berpeluang besar maju menjadi calon wali kota Palu periode 2020-2024 ( Foto: Istimewa )
John Lorry / Jeis Montesori / JEM Rabu, 31 Juli 2019 | 07:50 WIB

Palu, Beritasatu.com - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Sulawesi Tengah (Sulteng), akan berupaya memenangkan kadernya, Aristan, yang diusung meenjadi calon wali Kota Palu pada Pilkada Serentak 2020 yang akan digelar pada September 2020 mendatang.

"Kita harus merebut kemenangan di Pilkada Kota Palu," kata Ketua DPW Nasdem Sulteng, Atha Mahmud, di Palu, Selasa (30/7/2019).

Pernyataan Atha Mahmud itu, sebelumnya juga telah disampaikan di hadapan seluruh kader partai besutan Surya Paloh itu, pada pembukaan rapat kerja wilayah (Rakerwil) DPW Nasdem Sulteng di Palu, Senin (29/7/2019).

Rakerwil DPW Nasdem Sulteng yang berakhir Selasa (30/7/2019) itu dan diikuti sekitar 500 peserta itu, salah satu agendanya adalah menyusun program pemenangan pemilihan kepala daerah tahun 2020.

Atha Mahmud mengatakan, komitmen Nasdem adalah mendorong kadernya untuk maju dan memenangkan pemilihan wali kota Palu, demi mewujudkan Palu yang lebih baik dan lebih sejahtera masyarakatnya ke depan.

Aristan, merupakan kader Partai Nasdem yang saat ini menjabat sebagai wakil ketua Bidang Kepemiluan DPW Nasdem Sulteng. Karenanya, kata Atha Mahmud, semua kader harus membantu untuk menaikkan popularitas dan kepercayaan masyarakat terhadap Aristan.

"Kita harus membantu dan melakukan kerja-kerja pemenangan untuk menaikkan popularitas dan elektabilitas Aristan," kata Atha Mahmud.

Hal ini penting dilakukan oleh seluruh kader Nasdem. Sebab, Partai Nasdem menjadi salah satu partai yang sangat realistis terkait dengan penentuan mendukung calon kepala daerah.

Di partai besutan Surya Paloh ini, semua kader partai mendapat hak yang sama, yakni di dorong dan diusung oleh partai untuk dicalonkan dalam kontestasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur, wali kota dan wakil wali kota, serta bupati dan wakil bupati.

Namun, kader harus memenuhi syarat. Dan syarat yang paling utama yakni memiliki elektabilitas yang cukup dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kader tersebut harus tinggi.

Sementara Bendahara Umum DPP Nasdem Ahmad M Ali menegaskan  penentuan calon kepala daerah oleh Partai Nasdem, sangat merujuk pada kehendak atau keinginan masyarakat.

Ahmad M Ali yang juga telah ditetapkan sebagai calon gubernur Sulteng periode 2020-2025 menegaskan, jika ada kader Partai Nasdem yang memiliki integritas, kapabilitas dan elektabilitas yang tinggi di masyarakat, maka partainya tidak akan mengambil atau mengusung kandidat dari luar partai.

Ketua Fraksi Nasdem di DPR itu mengemukakan, Nasdem di Sulteng memiliki beberapa kader terbaik yang sangat potensial untuk di usung di pilkada serentak di tujuh kabupaten dan satu kota, serta satu pilkada tingkat provinsi pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

Di Kota Palu, Nasdem memiliki kader terbaik Aristan dan beberapa kader lainnya. "Di Kabupaten Tolitoli ada  Aziz Bestari dan Hasan Patongai, di Banggai Laut Nasdem punya Anjung, dan di Kabupaten Tojo Unauna, ada Muhammad Lahay yang merupakan bupati petahana," kata Ahmad Ali.



Sumber: Suara Pembaruan