Logo BeritaSatu

3.000 Penyelam Indonesia Pecahkan Rekor Dunia

Sabtu, 3 Agustus 2019 | 12:23 WIB
Oleh : Thresa Sandra Desfika / YUD

Jakarta - 3.000 penyelam Indonesia berhasil memecahkan rekor dunia selam dari Guinness World Record untuk Longest Human Chain Underwater di Pantai Manado kawasan Megamas, Manado pada 1-3 Agustus 2019.

Adapun Kementerian Perhubungan (Kemhub) melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Balikpapan dan Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Bitung turut mengirimkan anggota penyelamnya untuk berkontribusi menjadi bagian dari 3.000 penyelam yang memecahkan rekor itu.

Kepala Kantor KSOP Kelas I Balikpapan, Capt. Jhonny R Silalahi mengatakan, ia dan jajarannya yang menjadi tim penyelam merasa bangga ikut serta dalam pemecahan rekor tersebut.

"Kami selaku salah satu perwakilan dari Ditjen Perhubungan Laut ikut berpartisipasi dengan mengirimkan 10 orang penyelam untuk bergabung dengan total 3.000 penyelam lainnya dan bangga menjadi bangsa Indonesia yang berhasil memecahkan rekor dunia penyelam," Jhonny melalui keterangan tertulis, Sabtu (3/8/2019).

Kepala Pangkalan PLP Kelas II Bitung, Andi mengatakan bahwa pada Sabtu (3/8) Pangkalan PLP Kelas II Bitung kembali mengirimkan 12 orang penyelamnya bersama-sama dengan 3.000 orang penyelam lainnya berhasil memecahkan rekor penyelam Longest Human Chain Underwater dan rekor Pembentangan Bendera Indonesia di Bawah Laut Terpanjang di dunia.

"Dalam waktu kurang dari satu minggu, dua rekor dunia terpecahkan. Hal ini menunjukan kekompakan bangsa Indonesia dan juga menunjukan eksistensi penyelam Indonesia di pergaulan internasional," tutur Andi.

Andi mengatakan bahwa persiapan yang dilakukan oleh penyelam dari Pangkalan PLP Bitung terbilang singkat mengingat agenda rutin seperti patroli keselamatan pelayaran yang tidak dapat ditinggalkan.

"Patroli laut terus dilakukan mengingat tupoksi kami sebagai Indonesia Sea and Coast Guard yang tidak dapat ditinggalkan sehingga persiapan dan latihan penyelaman terbilang terbatas. Namun demikian, Alhamdullillah rekor dunia penyelam berhasil terukir atas nama Indonesia. Sangat membanggakan sekali," ujar Andi.

Andi menggambarkan kondisi dan situasi para penyelam berkoordinasi dan bekerjasama ketika berusaha memecahkan rekor dunia tersebut.

"Di sini tidak ada lagi ego sektoral, semua instansi melepas atributnya dan bersama-sama masyarakat penyelam lainnya bahu membahu dan saling berkoordinasi satu sama lain memecahkan rekor dunia untuk menunjukan bangsa Indonesia yang kompak, padu dan kuat," jelas Andi.

Pada kesempatan tersebut, Pangkalan PLP juga mengerahkan 1 unit kapal patroli Sea and Coast Guard KNP. 331 yang dinakhodai oleh Markus Hengkeng untuk memonitor kondisi di laut untuk membantu kelancaran acara pemecahan rekor dunia penyelam tersebut.

Andi menyebutkan bahwa pemecahan rekor ini menguatkan posisi Indonesia sebagai negara maritim di kancah pergaulan internasional.

"Inilah Indonesia yang sesungguhnya. Kompak dan kuat. Semoga kedepan akan ada lagi pemecahan rekor dunia yang menorehkan dan mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia," tutup Andi.

Adapun Aksi pemecahan rekor penyelam ini langsung disaksikan oleh Solvej Malouf, Guinness World Records Adjudicator yang mewakili Guinness World Records Official Attempt.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pengacara: Tuduhan KDRT terhadap Rizky Billar Berlebihan

Artis Rizky Billar membantah telah melakukan kekerasan dalam rumah tangga KDRT kepada sang istri, Lesti Kejora.

NEWS | 6 Oktober 2022

WHO Peringatkan, Produk Obat Sirup India Terkait 66 Kematian Anak di Gambia

WHO mengeluarkan peringatan produk medis empat obat sirup buatan India di Gambia dikaitkan dengan 66 kematian anak di negara itu.

NEWS | 6 Oktober 2022

Rizky Billar Tak Penuhi Panggilan Polisi

Rizky Billar tidak memenuhi panggilan polisi karena sakit. Rizky sedianya diperiksa terkait KDRT terhadap istrinya, Lesti Kejora.

NEWS | 6 Oktober 2022

KPK Tak Segan Jemput Paksa Anak dan Istri Lukas Enembe jika Mangkir Lagi

KPK menegaskan tidak akan segan menjemput paksa anak dan istri Gubernur Papua Lukas Enembe jika mereka kembali mangkir dari pemeriksaan.

NEWS | 6 Oktober 2022

Video Polisi Jilat Kue HUT TNI, Ini Respons Pangdam Kasuari

Video polisi jilat kue HUT TNI viral di medsos. Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga telah meminta maaf terkait ulah politi tersebut.

NEWS | 6 Oktober 2022

Ferdy Sambo Minta Maaf ke Keluarga Brigadir J, Kamaruddin: Itu yang Ditunggu

Ferdy Sambo meminta maaf kepada keluarga Brigadir J.  Kamaruddin Simanjuntak mengatakan, permintaan maaf itu telah ditunggu-tunggu sejak awal.

NEWS | 6 Oktober 2022

Puan Maharani Bicara Hubungan Harmonis RI-Rusia

Ketua DPR Puan Maharani berbicara mengenai hubungan harmonis RI dan Rusia yang terbangun selama 70 tahun.

NEWS | 6 Oktober 2022

Polisi Akan Tanyakan Penyebab Rizky Billar Lakukan KDRT

Polisi menegaskan bakal menanyakan apa yang jadi penyebab artis Rizky Billar tega melakukan KDRT terhadap Lesti Kejora secara berulang.

NEWS | 6 Oktober 2022

Polisi Akan Gelar Perkara untuk Tetapkan Rizky Billar sebagai Tersangka

Polisi bisa saja langsung menggelar perkara untuk menetapkan Rizky Billar sebagai tersangka dalam kasus KDRT terhadap istrinya, Lesti Kejora.

NEWS | 6 Oktober 2022

Golkar Pastikan Akbar Tandjung Konsisten Menangkan Airlangga Hartarto

Partai Golkar meyakini Akbar Tandjung konsisten memenangkan Airlangga Hartarto sebagai calon presiden Golkar di Pilpres 2024.

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Daftar Korban Meninggal Kanjuruhan


# Jilat Kue HUT TNI


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pengacara: Tuduhan KDRT terhadap Rizky Billar Berlebihan

Pengacara: Tuduhan KDRT terhadap Rizky Billar Berlebihan

NEWS | 19 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings