Peduli Pendidikan, Askrindo Gelar Pelatihan 1.000 Guru PAUD

Peduli Pendidikan, Askrindo Gelar Pelatihan 1.000 Guru PAUD
Direktur Kepatuhan dan SDM PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) Persero Firman Berahima (kanan) secara simbolis menyerahkan bantuan sarana dan prasarana untuk 31 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) PKK se-Pontianak kepada Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono (kiri) di Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu 3 Agustus 2019. ( Foto: dok )
Yudo Dahono / YUD Sabtu, 3 Agustus 2019 | 15:04 WIB

Pontianak, Beritasatu.com - PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero) atau Askrindo menggelar Seminar Nasional dan pelatihan gratis kepada 1.000 Guru PAUD yang diselenggarakan di 3 (tiga) kota besar di Indonesia yakni Aceh, Pontianak dan Makassar.

Seminar dan pelatihan yang difokuskan tentang bagaimana membangun PAUD berkualitas yang Holistik Integratif, yaitu memberikan pelayanan yang menyeluruh dan sistematik yang meliputi pelayanan pendidikan, kesehatan, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan anak usia dini.

Direktur Kepatuhan dan SDM Askrindo, Firman Berahima mengatakan, keberadaan guru dalam proses pembelajaran PAUD memegang peranan sangat penting. Karenanya harus memiliki kompetensi yang cukup sehingga mampu menjadi fasilitator dan teladan bagi anak didiknya.

"Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD adalah suatu upaya pembinaan dalam rangka membangun pondasi kesiapan anak untuk ke jenjang pendidikan berikutnya. PAUD haruslah dilaksanakan secara berencana dan sistimatis agar bisa mendorong munculnya keberanian serta memotivasi anak untuk berekpresi, menyelidiki dan mencari pengalaman sehingga diharapkan dapat menciptakan anak-anak Indonesia yang sehat, cerdas ceria serta berakhlaq mulia," ujar Firman di Aula Rumah Dinas Wali Kota Pontianak, Sabtu (3/8/2019).

Dirinya melanjutkan, kegiatan ini merupakan salah satu wujud BUMN Hadir Untuk Negeri serta wujud kepedulian Askrindo untuk membantu program pemerintah dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia melalui penguatan pendidikan anak usia dini.

"Guru guru PAUD merupakan salah satu pilar utama guna mencipakan generasi berkualitas dan mempersiapkan anak anak ini menjadi aset bangsa yang berkualitas agar kelak akan melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa ini," ujarnya.

Ditempat yang sama, Direktur PAUD Institute Danang Sasongko menyampaikan, pentingnya peran Guru PAUD dalam membangun komunikasi yang baik dengan para orang tua murid.

"Orang tua dan guru guru PAUD sangatlah berperan untuk pembekalan terhadap mental anak anak usia dini serta berperan terhadap tumbuh kembang anak. Kita berharap terjalin komunikasi yang baik antara guru PAUD dan orang tua yang nantinya akan tercipta terintegrasi yang baik guna memberikan pembekalan kepada anak anaknya agar terhindar dari hal hal negatif serta kekerasan yang kini tengah marak terjadi," ujarnya.

Sementara itu, Walikota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono juga menekankan tentang pentingnya PAUD dalam rangka membangun pondasi yang kuat pada anak untuk mempersiapkan ke jenjang pendidikan berikutnya. Dirinya pun menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara kegiatan ini, khususnya apresiasi kepada Askrindo yang telah berinisiasi dan membantu penyelenggaraannya.

Dalam kegiatan seminar dan pelatihan guru PAUD ini, Askrindo juga memberikan bantuan berupa sarana dan prasarana untuk 31 PAUD PKK di Pontianak senilai Rp. 166.860.000.

Sebagai informasi, sejak tahun 2015, Askrindo secara rutin menggelar seminar dan pelatihan guru PAUD, lalu lanjutkan di beberapa daerah a.l Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Yogyakarta, Banten serta Bali.

Selain itu, Askrindo juga membantu memfasilitasi para PAUD di pelosok daerah dengan kehadiran Mobil Pintar (MoPi) Askrindo yang merupakan perpustakaan keliling diperuntukan untuk anak anak usia dini yang dapat menjangkau pelosok pelosok daerah guna meningkatkan minat baca anak anak usia dini. Hingga kini MoPi telah tersebar di 11 provinsi, yaitu Sumatera Utara, Bengkulu, DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogjakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, Maluku dan Papua.



Sumber: BeritaSatu.com