Perbaikan Tol Jalur Arah Cikampek Dilanjutkan

Perbaikan Tol Jalur Arah Cikampek Dilanjutkan
Perbaikan Tol Jakarta-Cikampek telah dilakukan sejak beberapa minggu belakangan ini. ( Foto: istimewa )
Mikael Niman / CAH Sabtu, 3 Agustus 2019 | 18:30 WIB

Bekasi, Beritasatu.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Jakarta-Cikampek melanjutkan perbaikan jalan tol mulai Minggu (‎4/8/2019) dini hari. Perbaikan jalan bertujuan untuk meningkatkan kualitas kenyamanan pengguna jalan tol.

"Pemeliharaan jalan dilakukan dengan menggunakan metode rekonstruksi rigid, yang dilakukan setiap minggunya," ujar Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk‎, Sabtu (3/8/2019).

Dia menjelaskan, pekan pertama Agustus ini pekerjaan pemeliharahaan hanya dilakukan di satu lajur Tol Jakarta-Cikampek, yaitu jalur arah ke Cikampek saja atau tepatnya di KM 26+580 hingga KM 26+610, yaitu pada lajur 1 dengan panjang penanganan 30 meter.‎ Pekerjaan dimulai Minggu mulai pukul 00.00 WIB hingga Kamis (8/8/2019) pukul 05.00 WIB.

Menurutnya, pengguna jalan berdampak atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat pekerjaan rekonstruksi. "Kami meminta maaf karena akan berdampak penyempitan lajur menjelang lokasi pekerjaan," tuturnya.

Untuk mengantisipasi kepadatan yang berpotensi terjadi akibat pekerjaan, sambung dia, Jasa Marga bekerjasama dengan Kepolisian telah menyiapkan mitigasi resiko melalui pengaturan lalu lintas di lokasi pekerjaan berupa sistem buka-tutup di area pekerjaan yaitu penutupan bahu luar lokasi pekerjaan. "Lalu lintas arah ke Cikampek akan berjalan normal tidak ada penutupan total," imbuhnya.

Selain itu, jika kondisi padat maka dipersiapkan contra flow di Tol Jakarta-Cikampek KM 25+100 sampai dengan KM 29+500 arah Cikampek untuk mencairkan kepadatan menjelang titik lokasi pekerjaan.

Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek telah melakukan sosialisasi rencana pekerjaan dengan memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan dan variable message sign (VMS) di Tol Cikampek arah Cikampek. "Selain itu, kami juga berkoordinasi dengan pihak Manajemen Konstruksi (MK) untuk pengaturan jadwal dengan proyek lainnya yang ada di koridor Tol Jakarta-Cikampek," ucapnya.

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol.

Beberapa jalur alternatif lain untuk menghindari lokasi pekerjaan, pengguna jalan dapat keluar melalui Gerbang Tol (GT) Cibitung dan masuk kembali ke Tol Jakarta-Cikampek melalui GT Cikarang Barat.



Sumber: Suara Pembaruan