Presiden Dijadwalkan Buka Kongres PDI-P di Bali

Presiden Dijadwalkan Buka Kongres PDI-P di Bali
Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana kompak mengenakan jaket berlambang Garuda. ( Foto: Istimewa )
I Nyoman Mardika / LES Selasa, 6 Agustus 2019 | 12:15 WIB

Denpasar, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan membuka Kongres V PDI-Perjuangan (PDI-P) di Inna Grand Bali Beach, Sanur, Denpasar, yang berlangsung Kamis (8/8) pada pukul 13.00 Wita. Hal itu disampaikan Ketua DPD PDI-P Bali Wayan Koster yang juga Ketua Panitia Pelaksana Kongres V, Senin (5/8).

Koster menegaskan, Kongres PDI-P sudah siap dilaksanakan di Bali. “ Pada tanggal 7 Agustus besok akan diadakan malam budaya Nusantara. Semua daerah akan menampilkan seninya. Jadi, kongres kali ini diwarnai oleh wajah kebudayaan daerah di Indonesia,” ujarnya.

Ditambahkan, unsur kebudayaan turut ditonjolkan dalam kongres karena PDI-P merupakan partai yang berideologi Tri Sakti Bung Karno. Salah satunya, berkepribadian dalam kebudayaan. Dengan adanya UU 5/2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, maka kebudayaan di Indonesia harus dibangun dengan serius dan komitmen yang kuat.

“PDI-P akan menjadi partai dengan petugas partainya di eksekutif dan legislatif untuk mendorong secara kuat tentang penguatan budaya di masing-masing daerah. Saya kira ini adalah satu strategi yang sangat bagus untuk membangun bangsa kita,” terangnya.

Menurut Koster, semua partai koalisi juga diundang dan telah memastikan hadir saat pembukaan kongres. Termasuk Prabowo Subianto yang menjadi rival Joko Widodo dalam perhelatan Pilpres 2019. “Saya mendengar beliau akan hadir,” kata Gubernur Bali ini.

Sementara itu dari pantauan, berlangsungnya kongres PDI-P V di Bali tepatnya di kawasan Sanur membuat keberadaan hotel di kaswasan Sanur penuh pesanan. Terutama mulai tanggl 7 sehari sebelum pembukaan Kongres hotel di Sanur baik yang berbintang dan melati menolak tamu yang datang menginap karena sudah terpesan.

"Selain hotel kami tamu memang sudah ada maka sangat sulit menerima tamu baru dalam jumlah yang besar. Pada saat Kongres nanti tamu kami mencapai 100% " ujar Dewi salah seorang karyawan hotel di kawasan Sanur.



Sumber: Suara Pembaruan