Pelni Dukung Kewajiban Pengaktifan AIS Kapal

Pelni Dukung Kewajiban Pengaktifan AIS Kapal
Ilustrasi Kapal Pelni (Foto: istimewa )
Thresa Sandra Desfika / JAS Selasa, 6 Agustus 2019 | 21:36 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Pelni mendukung kewajiban pemasangan dan pengaktifan automatic identification system (AIS) kapal yang efektif berlaku mulai 20 Agustus 2019.

Juru bicara PT Pelni Ahmad Sujadi menyatakan, Pelni sudah memasang AIS di 26 kapalnya sejak 2016. Menurut dia, AIS menjadi alat bantu navigasi sehingga membantu nakhoda dalam memberikan informasi kepada pelabuhan tujuan.

"Pelni sudah memasang AIS sejak 2010. Kami memasang sebagai alat bantu navigasi membantu nakhoda menginfokan di pelabuhan tujuan. Alat bantu ini sangat bermanfaat untuk kapal Pelni. Kami tidak ada masalah," ungkap Sujadi dalam acara Diskusi Menilik Kesiapan Penerapan AIS di Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Dia menambahkan, memang ada 52 kapal perintis yang baru diterima Pelni pada 2016 yang belum terpasang AIS. Tetapi, BUMN pelayaran itu akan segera memasang AIS di kapal-kapal tersebut.

"Ada juga kapal barang yang baru kami pesan dalam periode 2016-2019 dan datang secara bertahap. Kapalnya bukan baru tapi akan kami pasang AIS kalau sudah diganti bendera. Nanti kapal-kapal barang ini kami pasangi AIS sehingga nakhoda bisa terbantu," pungkas Sujadi.



Sumber: BeritaSatu.com