TMMD 105 di Bengkulu Sukses Bangun Jalan Evakuasi Bencana 1,3 Km

TMMD 105 di Bengkulu Sukses Bangun Jalan Evakuasi Bencana 1,3 Km
Alat berat milik TNI tengah bekerja memotong tanah membuat jalan baru ruas Padang Serai-Sumber Jaya di Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Tahun 2019 di Kota Bengkulu. (Foto: Istimewa)
Usmin / JAS Rabu, 7 Agustus 2019 | 21:34 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-105 di Kota Bengkulu, berhasil membangun jalan evakuasi bencana yang menghubungkan Kelurahan Padang Serai-Desa Sumber Jaya, Kecamatan Kampung Melayu sepanjang 1,3 kilometer (km).

Komandan Kodim (Dandim) 0407 Kota Bengkulu, Letkol Arm Yose Rizal Saaf, di Bengkulu, Rabu (7/8/2019) mengatakan, kegiatan TMMD selain berhasil membangun jalan evakuasi sepanjang 1,3 km juga sukses membangun jembatan permanen, membuat gorong-gorong, dan merehabilitasi tiga masjid di Kelurahan Padang Serai.

"Jembatan dan jalan evakuasi yang dibangun melalui kegiatan TMMD 105 Kodim 0407 Kota Bengkulu, sudah siap digunakan masyarakat kedua kelurahan, yakni Padang Serai dan Sumber Jaya yang menjadi sasaran kegiatan TMMD tersebut," ujarnya.

Demikian pula gorong-gorong yang dibangun dan masjid yang diperbaiki dalam kegiatan TMMD 105 di Kota Bengkulu tersebut, sudah dapat dimanfaatkan masyarakat setempat. Pasalnya, pekerjaannya sudah selesai 100 persen.

Letkol Arm Yose Rizal menambahkan, dalam kegiatan TMMD di Padang Serai pihaknya selain melaksanakan pekerjaan fisik juga menggelar kegiatan nonfisik, seperti sosialisasi narkoba, bela negara, sosialisasi pertanian, perkebunan dan sosilisasi peternakan.

Selain itu, kegiatan TMMD 105 di Kota Bengkulu juga menggelar bakti sosial Manunggal KB dan sunatan massal. "Alhamdulillah semua kegiatan fisik dan non fisik yang dilaksanakan dalam TMMD 105 di Kota Bengkulu, dapat dikerjakan dengan baik dan sukses," ujarnya.

Suksesnya kegiatan TMMD 105 di Padang Serai, kata Dandim Kota Bengkulu, tidak lepas dari peran serta masyarakat di sekitar lokasi TMMD dan dukungan dari instansi terkait, termasuk Polri.

"Masyarakat Padang Serai dan Sumber Jaya sangat antusias menyukseskan pelaksanaan TMMD 105 di Kota Bengkulu. Mereka bergotong royong membantu TNI dan Polri membangun jalan, jembatan dan pekerjaan fisik dan non fisik lain tanpa pamri sehingga program yang dirancang dapat dikerjakan dengan baik dan sukses," ujarnya.

Seperti diketahui jalan sepanjang 1,3 km yang dibangun TMMD 105 di Padang Serai, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu, dapat menghubungkan ke Desa Sumber Jaya yang selama ini terputus.

Jalan dengan konstruksi koral ini akan dijadikan jalan evakuasi bagi masyarakat tinggal Padang Serai dan Sumber Jaya bila terjadi gempa disertai tsunami. Soalnya, kelurahan dan desa ini berada di sekitar kawasan pantai yang rawan dilanda tsunami bila terjadi gempa besar di Bengkulu.

"Masyarakat Padang Serai dan Sumber Jaya sekarang sudah aman untuk menuju lokasi evakuasi menyelamatkan diri bila terjadi gempa diikuti tsunami di Bengkulu, karena akses jalan menuju titik evakuasi sudah terbuka lebar," ujar Dandim Kota Bengkulu.



Sumber: Suara Pembaruan