Filipina dan Brunei Bangun Huntap di Kota Palu

Filipina dan Brunei Bangun Huntap di Kota Palu
Ilustrasi hunian sementara. ( Foto: Antara )
John Lory / LES Kamis, 8 Agustus 2019 | 11:40 WIB

Palu, Beritasatu.com - Pemerintah Filipina dan Brunei Darussalam ikut membantu pembangunan 100 unit hunian tetap (huntap) bagi para korban bencana gempa bumi, tsunami, dan likuefaksi di Kota Palu, Sulteng.

“Bantuan ini berasal dari pemerintah Filipina dan Brunei Darussalam yang disumbangkan untuk korban bencana Sulawesi Tengah,” kata Direktur Eksekutif The ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance (AHA Center), Adelina Kamal, di Palu, Kamis (8/8/2019).

Bantuan dua negara tersebut disalurkan melalui AHA Center yang bertugas sebagai pusat koordinasi dan informasi penanganan bencana di kawasan ASEAN. Sebanyak 100 huntap itu, kata Adelina, dibangun bertahap di Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Palu.

“Pembangunan tahap pertama 75 unit sudah dimulai, ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Wali Kota Palu, pada Selasa(6/8/2019). Tahap kedua akan dibangun 25 unit lagi ,” ujarnya.

Dia mengatakan, ASEAN sebagai tempat berhimpunnya negara-negara di Asia Tenggara memiliki rasa tanggung jawab dan ikut terlibat memulihkan situasi pascabencana yang melanda sejumlah daerah di Tanah Air termasuk Sulteng.



Sumber: Suara Pembaruan