Jelang Iduladha, Harga Kebutuhan Pokok di Jambi Stabil

Jelang Iduladha, Harga Kebutuhan Pokok di Jambi Stabil
Gubernur  Jambi, Fachrori Umar (dua dari kanan) didampingi Ketua Satgas Pangan Provinsi Jambi,  HM Dianto (kanan) meninjau harga kebutuhan pokok di pasar induk Angso Duo, Kota Jambi, Kamis (9/8/2019) ( Foto: Beritasatu Photo / Radesman Saragih )
Radesman Saragih / FER Jumat, 9 Agustus 2019 | 23:02 WIB

Jambi, Beritasatu.com - Harga berbagai kebutuhan pokok di Kota Jambi dinilai masih cukup stabil beberapa hari menjelang hari raya Iduladha 1440 H. Selain harga yang stabil, ketersediaan kebutuhan pokok juga dinilai mencukupi. Harga kebutuhan pokok yang masih cukup mahal di kota itu hanya cabai merah keriting, cabai rawit dan ikan air tawar.

Gubernur Jambi, Fachrori Umar, menjelaskan, stabilitas harga kebutuhan pokok di Jambi perlu dipertahankan hingga Iduladha. Selain itu, ketersediaan kebutuhan pokok juga harus tetap dipantau agar tidak sampai terjadi kelangkaan dan lonjakan harga.

"Harga kebutuhan pokok yang masih mahal hanya cabai dan ikan air tawar. Harga cabai dan ikan air tawar masih mahal akibat pasokan berkurang selama musim kemarau ini. Namun kenaikan harga cabai dan ikan air tawar masih dalam batas toleransi," ujar Fachrori ketika meninjau perkembangan harga kebutuhan pokok di pasar Angso Duo, Kota Jambi, Jumat (9/8/2019).

Fachrori meminta satuan tugas (Satgas) Pangan Provinsi Jambi terus memantau perkembangan harga dan stok atau persediaan kebutuhan pokok di pasaran. "Jika terjadi kelangkaan dan lonjakan harga, langsung lakukan operasi pasar," tegas Fachrori.

Dijelaskan, untuk mengendalikan harga kebutuhan pokok di Jambi, daerah itu kini memiliki toko-toko kebutuhan pokok yang dikelola Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Jambi. Harga berbagai kebutuhan pokok yang dijual di toko-toko kebutuhan pokok TPID Jambi itu cukup murah dan menjadi standar harga pasar.

"Operasi pasar cabai merah keriting yang dilakukan di toko-toko TPID Jambi baru-baru ini cukup berhasil mengendalikan lonjakan harga cabai merah keriting. Jika terjadi lonjakan daging sapi dan ayam jelang Iduladha, TPID Jambi akan melakukan operasi pasar," tandas Fachrori.

Beradasarkan pantauan SP di pasar induk Angso Duo, harga daging sapi berada pada angka Rp 120.000/kg, sama seperti harga hari-hari biasa. Harga daging ayam ras tetap Rp 30.000/kg, harga bawang merah Rp 22.000/kg dan bawang putih Rp 28.000/kg.



Sumber: Suara Pembaruan