Iduladha, Momentum untuk Berbagi Antarsesama

Iduladha, Momentum untuk Berbagi Antarsesama
Wakil Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Hamim Ilyas. ( Foto: istimewa )
Bernadus Wijayaka / BW Minggu, 11 Agustus 2019 | 23:42 WIB

Yogyakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Hamim Ilyas mengatakan, pada momentum Iduladha ini, masyarakat Muslim harus dapat berbagi antarsesama. Berbagi tanpa mementingkan kepentingan diri sendiri atau merasa benar sendiri.

Apalagi di tengah era globalisasi ini, supaya warga dunia tidak terlindas oleh globalisasi, maka warga dunia harus memberi kontribusi terhadap peradaban.

“Budaya di kita itu banyak, sudah sejatinya umat Muslim itu bisa memberi kontribusi. Jadi umat Islam itu pemikirannya bukan sekadar ‘antiini atau antiitu’ saja. Contoh tiap bulan Syawal itu ada hari untuk bermaaf-maafan,” dalam keterangan tertulisnya, Minggu (11/8/2019).

Menurutnya, umat Islam dalam era globalisasi bisa menyumbangkan tradisinya untuk memperkaya peradaban. Hal ini supaya peradaban menjadi lebih manusiawi dan etik lagi. Di samping itu, umat Islam juga harus berkontribusi dalam menghadirkan produk-produk yang dipakai oleh masyarakat dunia, baik produk teknologi informasi maupun yang lain.

“Sekarang sumbangan umat Islam itu masih sangat kecil. Sehingga dengan era globalisasi sekarang ini memang harus ada kesediaan untuk hidup bersama, saling mengakomodasi, kemudian memberi arti dengan memberi sumbangan dalam pengembangan peradaban tadi,” kata pria kelahiran Klaten ini.



Sumber: Suara Pembaruan