TNI AD Pertahankan Taruna Akmil Enzo Zenz Allie

TNI AD Pertahankan Taruna Akmil Enzo Zenz Allie
Taruna Akademi Militer (Akmil) keturunan Prancis, Enzo Zenz Allie (tengah) saat diajak berbincang dalam bahasa Prancis oleh Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kiri). ( Foto: Twitter )
Yeremia Sukoyo / CAH Selasa, 13 Agustus 2019 | 13:39 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa, menegaskan, pihaknya memutuskan mempertahankan taruna Akademi Militer (Akmil) atas nama Enzo Zenz Allie yang sempat menjadi polemik.

Nama Enzo belakangan ini menjadi perhatian publik lantaran pemuda keturunan Indonesia-Prancis itu ramai dibicarakan setelah jejak digitalnya muncul. Dari jejak digital itu, Enzo dan ibunya diduga telah terpengaruh oleh paham radikal.

"Kami AD (Angkatan Darat) memutuskan untuk mempertahankan Enzo Zenz Allie dan semua taruna Akademi Militer yang kami terima," kata Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa di Mabesad, Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (13/8).

Dijelaskan Kasad, pihaknya sudah melakukan pengukuran terkait indeks moderasi bernegara Enzo Zenz Allie. Hasilnya, Enzo memiliki indeks moderasi bernegara yang cukup baik.

"Selama ini sudah dikembangkan akurasi, validasi. Kami lakukan pengukuran pada Sabtu dan Minggu kemarin, hasilnya di analisis pada Senin. Kesimpulannya, Enzo dilihat dari indeks moderasi bernegara itu ternyata nilainya 84 persen," ujar Kasad.

Dikatakan Kasad, pihaknya akan selalu membuka diri terhadap apapun masukan dari masyarakat. Khusus dalam penerimaan taruna Akmil, TNI AD pun sudah berlaku objektif dan sesuai dengan prosedur yang berlaku. 



Sumber: Suara Pembaruan