BMKG Gelar Workshop Peningkatan Prediksi Iklim Musiman

BMKG Gelar Workshop Peningkatan Prediksi Iklim Musiman
Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati saat menjadi nara sumber di workshop Peningkatan Prediksi Iklim Musiman untuk Kesejahteraan Nasional di Hotel 101, Bogor, Selasa (13/8/2019). ( Foto: istimewa )
Bernadus Wijayaka / BW Selasa, 13 Agustus 2019 | 21:50 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menggandeng institusi internasional untuk mengembangkan pengetahuan dan keahlian terkait prediksi iklim musiman.

Pada 2019 ini BMKG bersama National Oceanic and Atospheric Administration (NOAA)/Administrasi Nasional Kelautan dan Atmosfer Amerika Serikat mengadakan workshop dengan tema “Peningkatan Prediksi Iklim Musiman untuk Kesejahteraan Nasional” di Bogor, Selasa (13/8/2019).

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyampaikan tujuan diadakannya workshop tersebut, adalah untuk meningkatkan kemampuan para peserta dalam membuat prakiraan iklim musiman berbasis dampak.

“Kegiatan tersebut bertujuan untuk menunjang program pemerintah di berbagai sektor dalam mencapai kesejahteraan nasional,” kata Dwikorita dalam keterangan tertulis kepada Beritasatu.com.

Workshop tersebut juga menjelaskan tentang pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dan pengetahuan praktis sebagai bagian dari pengembangan sistem peringatan dini iklim (CEWS).

Menurut Dwikorita, workshop tersebut diikuti 44 peserta, di antaranya, forecaster dari Stasiun Klimatologi dan Meteorologi Maritim dari berbagai daerah di Indonesia, Puslitbang BMKG, Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG). Adapula analis atau peneliti dari instansi lain yaitu Kementerian Pertanian, Kementrian Kelautan dan Perikanan, LIPI, KLHK, BNBP dan Kempupera.

Dwikorita berharap kerja sama dengan NOAA dapat mewujudkan riset-riset dan observasi bersama seperti program workshop dan kegiatan lainnya terkait MKG.



Sumber: Suara Pembaruan