E-Learning Mudahkan Interaksi Dosen dan Mahasiswa

E-Learning Mudahkan Interaksi Dosen dan Mahasiswa
Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) melakukan sosialisasi perkuliahan E-Learning, kepada mahasiswa dan mahasiswi UBSI. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Kamis, 15 Agustus 2019 | 18:26 WIB

Depok, Beritasatu.com - Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI), melakukan sosialisasi perkuliahan e-learning, serta program magang mandiri dan magang bersertifikat, kepada mahasiswa dan mahasiswi UBSI, di kampus UBSI Margonda, Depok, Jawa Barat.

Wakil Rektor UBSI Bidang Akademik, Diah Puspitasari, memaparkan, acara ini dihadiri dan diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi UBSI kampus Margonda dan UBSI kampus Fatmawati. Kegaiatan ini bertujuan mensosilisasikan proses belajar mengajar dengan sistem perkuliahan e-learning, sekaligus meningkatkan kualitas dari proses belajar mengajar.

"Sosialisasi e-learning ini juga sangat bermanfaat bagi mahasiswa-mahasiswi, di mana proses pembelajaran jarak jauh saat ini sedang gencar di sosialisasikan di tingkat perguruan tinggi. Konsep e-learning juga memudahkan interaksi antara dosen dan mahasiswa," jelas Diah Puspitasari, Kamis (15/8/2019)

Diah menambahkan, e-learning merupakan media yang dapat digunakan sebagai penghubung antara mahasiswa dengan sumber belajar (database matakuliah) yang secara fisik terpisah atau bahkan berjauhan, namun dapat saling berkomunikasi, berinteraksi, dan berkolaborasi.

"Proses pembelajaran e-learning yang ada di UBSI dilakukan secara formal dengan menggunakan kurikulum, silabus, dan materi perkuliahan yang disajikan dalam setiap pertemuan,” ujar Diah Puspitasari.

Selain itu, Diah menambahkan, dalam sistem e-learning UBSI juga telah terdapat forum diskusi dan live chat yang dapat dilakukan secara langsung apabila mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan dengan cara bertanya melalui media forum atau live chat tersebut.

"Sistem e-learning UBSI sejauh ini terus berupaya mengembangkan sistem pembelajaran yang lebih interaktif untuk dosen dan mahasiswanya. Dan hal ini merupakan upaya UBSI dalam mewujudkan perkuliahan jarak jauh dengan kualitas yang baik," kata  Ketua Bagian (Pendidikan) PJJ dan e-learning UBSI, Elin Panca Saputra.

Selain mensosialisasikan e-learning, jelas Istianti, UBSI juga membahas mengenai program magang mandiri dan magang bersertifikat mahasiswa.

"Mahasiswa diarahkan mengenai alur magang atau Praktek Kerja Lapangan (PKL) mulai dari penyusunan proposal magang, proses magang, sampai pembuatan laporan PKL," kata Istianti.



Sumber: BeritaSatu.com