Ketua MPR Minta Rakyat Ikhlas Terima Hasil Pilpres 2019

Ketua MPR Minta Rakyat Ikhlas Terima Hasil Pilpres 2019
Suasana Sidang Tahunan MPR DPR DPD RI 2019, di Jakarta, Jumat (16/8/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono )
Hotman Siregar / JAS Jumat, 16 Agustus 2019 | 09:23 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan memaparkan bahwa bukti nyata MPR tampak pada saat berlangsungnya Pemilihan Umum serentak 2019. MPR tidak ikut larut dalam polarisasi kompetisi yang cukup memanas, khususnya dalam kontestasi pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

“MPR yang terdiri dari anggota DPR dan anggota DPD, terus mengajak masyarakat untuk bersikap bijak dalam menyikapi kompetisi Pilpres, untuk tidak mengorbankan kepentingan persatuan bangsa hanya demi pemilu sebagai agenda rutin lima tahunan,” ujar Zulkifli Hasan dalam pembukaan Sidang Tahunan MPR RI dalam rangka menyambut 17 Agustus dan pembacaan nota keuangan RAPBN 2020 digelar di Kompleks parlemen Senayan Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Dalam setiap aktivitasnya, Zulkifli mengaku selalu mengingatkan kepada seluruh komponen bangsa bahwa dalam kehidupan demokratis memerlukan sikap dan tindakan saling menghormati. Aktivitas kenegaraan harus selalu mengedepankan kejujuran, amanah, keteladanan, sikap toleransi, rasa malu, tanggung jawab, menjaga kehormatan, serta martabat diri sebagai warga bangsa.

Suksesnya penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 merupakan bukti bahwa Bangsa Indonesia telah semakin dewasa dalam berdemokrasi.

“MPR mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersama-sama menerima hasil Pemilihan Umum 2019 ini secara ikhlas,” tuturnya.

Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Umum Presiden haruslah dipahami sebagai kompetisi antarkita, antarsaudara, antarsesama anak bangsa. Sehingga apa pun hasilnya, merupakan kemenangan kita semua sebagai bangsa Indonesia, karena pilihan politik boleh beda, tetapi merah putih kita sama, dan tetap akan sama untuk selamanya. Mari kita rajut kembali Merah Putih.



Sumber: Suara Pembaruan