Komandan Upacara HUT Ke-74 RI di Istana Perwira Terbaik Seskoal

Komandan Upacara HUT Ke-74 RI di Istana Perwira Terbaik Seskoal
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyapa Komandan Upacara Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo, Sabtu, 17 Agustus 2019. ( Foto: Istimewa / Seskoal )
Asni Ovier / AO Sabtu, 17 Agustus 2019 | 13:31 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Ada yang menarik saat upacara peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia di Istana Negara, Sabtu (17/8/2019). Setelah prosesi upacara dan pengibaran Sang Saka Merah Putih, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengenakan pakaian adat Bali tiba-tiba turun dari mimbar kehormatan.

Presiden Jokowi lalu menghampiri dann menyalami Komandan Upacara, yakni Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo. Presiden juga menepuk-nepuk pundak Kolonel Hariyo dan momentum itu membuat para tamu yang menghadiri upacara bertepuk tangan riuh.

Diplihnya Kolonel Hariyo sebagai Komandan Upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI menorehkan sejarah baru bagi Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal). “Keberhasilan tersebut merupakan puncak prestasi hasil pembinaan personel TNI AL untuk mampu ditampilkan dalam acara-acara kenegaraan.

Dalam siaran pers Seskoal yang diterima Beritasatu.com di Jakarta, Sabtu (17/8/2019) disebutkan, proses seleksi yang ketat di internal Mabes TNI AL (Mabesal) dan berlanjut ke Mabes TNI hingga Sekretaris Militer Presiden (Setmilpres) merupakan rangkaian proses yang berat dan membutuhkan stamina tinggi.

Disebutkan, Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo yang saat ini menjabat Kepala Departemen Strategi Seskoal adalah lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-43 1997. Berbagai jabatan di atas geladak kapal perang RI, mulai menjadi perwira senjata hingga komandan, telah menempa karakter dan kemampuannya menjadi perwira TNI AL yang profesional dan andal.

Berbagai pendidikan militer juga telah ditempuh dengan baik dan bahkan saat ini juga tengah menempuh pendidikan doktoral S3 di salah satu perguruan tinggi negeri.



Sumber: BeritaSatu.com