BIN Sudah Petakan Dalang Kerusuhan Papua

BIN Sudah Petakan Dalang Kerusuhan Papua
Sebuah bangunan terbakar sebagai buntut aksi demo massa di Kabupaten Fakfak, Papua Barat, Rabu (21/8), diduga dipicu ejekan rasisme terhadap mahasiswa Papua di Surabaya. ( Foto: istimewa )
Robertus Wardi / YUD Rabu, 21 Agustus 2019 | 18:43 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Intelijen Nasional (BIN) sudah memetakan kelompok-kelompok yang berada di balik kerusuhan Papua. ‎Namun BIN tidak menyebut siapa saja kelompok yang dimaksudkan itu.

"Ya sudah. Sudah ada pemetaan ya. Siapa bermain, siapa itu sudah ada pemetaan. Kami antisipasi-lah supaya bisa segera dilkukan peredaan ketegangan," kata Juru Bicara BIN Wawan Purwanto di Jakarta, Rabu (21/8/2019).

‎Ia menjelaskan sudah ada gejala-gejala‎ sebelumnya yang tampak. Namun selama ini masih menahan diri karena sangat sensitif.

"Itukan gejala-gejalanya memang sudah tampak ya. Hanya memang ini kan kita semua itu harus menahan diri lah, artinya tidak gegabah. Baik itu statement maupun juga langkah-langkah. Semua ini kan ada sensitifitas. Karena kalau sudah menyangkut suku, ras, dan agama (SARA) itu memang bisa cepat menjalar," jelas Wawan.

Dia menegaskan perlu kehati-hatian dalam menangani persoalan Papua. Alasannya jika kondisi masih panas, lebih baik tidak usah berkomentar.

"Kalau sudah emosional, interpretasi bisa bermacam-macam. Maka cooling down itu penting karena ini sebenarnya kan kesalahpahaman. Kesalahpahaman memaknai ada satu tindakan," tuturnya.



Sumber: Suara Pembaruan