Kemhub Lakukan Penguatan Pangkalan Penjagaan Laut

Kemhub Lakukan Penguatan Pangkalan Penjagaan Laut
Prajurit Kolinlamil TNI AL di Markas Komando Kolinlamil, Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara Senin (1/7/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Carlos Roy Fajarta Barus )
Thresa Sandra Desfika / CAH Rabu, 21 Agustus 2019 | 21:37 WIB

Jakarta, Beritasatu.com- Kementerian Perhubungan (Kemhub) melakukan penguatan kelembagaan Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai yang tersebar di 5 wilayah di Indonesia. Kelima wilayah itu adalah Tanjung Priok, Surabaya, Tanjung Uban, Bitung, Pangkalan Tual.

Direktur Penjagaan Laut dan Pantai Ahmad menjelaskan, upaya penguatan kelembagaan Sea and Coast Guard Base dituangkan dalam naskah akademik usulan revisi Keputusan Menteri Perhubungan (KM) Nomor 65 tahun 2002 tentang Organisasi dan Tata Kerja Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai.

"Hal ini untuk kemajuan organisasi di Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui penyusunan naskah akademik usulan revisi KM 65 tahun 2002," kata Ahmad dalam keterangannya, Rabu (21/8/2019).

Dia menambahkan, memasuki tahun yang ke-11 dan proses panjang terkait usulan pembentukan kelembagaan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) melalui rencana peraturan pemerintah tentang PLP yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 17 tahun 2008 tentang Pelayaran, memerlukan dukungan semua pihak agar proses ini berjalan lancar dan selesai sesuai rencana.

"Adapun rencana peraturan pemerintah tentang organisasi dan rata kerja PLP telah melalui pembahasan demi pembahasan baik bersifat internal kementerian maupun antar kementerian," terang Ahmad.



Sumber: BeritaSatu.com