Logo BeritaSatu

Calon Menteri LHK Diharapkan Profesional Rimbawan

Senin, 26 Agustus 2019 | 20:57 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Juru bicara (Jubir) Komunitas Rimbawan Nusantara (KRN) Bambang Soepijanto berharap agar Menteri Lingkuhan Hidup dan Kehutanan (LHK) pada kabinet mendatang berasal dari kalangan profesional rimbawan. Meski begitu, Bambang tak menyebut nama calon menteri dimaksud.

Advertisement

“Kalau figur tentu banyak. Tapi kriteria yang wajib adalah profesional rimbawan yang berani dan siap menerima segala risikonya,” kata Bambang dalam keterangan seperti diterima Beritasatu.com, Senin (26/8/2019).

Bambang menuturkan, calon menteri LHK sepatutnya memiiki rekam jejak mumpuni di sektor kehutanan. Selain itu, Ketua Umum Asosiasi Panel Kayu Indonesia tersebut menekankan pentingnya kapabilitas.

“Baik kompetensi kualifikasi dan rekam jejak yang mampu menyeimbangkan aspek ekologi, ekonomi dan sosial. Jadi kalau dia lulusan fakultas kehutanan tapi kerja di bank ya tidak bisa dikatakan rimbawan. Kita ingin kementerian LHK dipimpin oleh profesional rimbawan yang suah teruji,” tegas Bambang.

Bambang menambahkan, figur calon menteri LHK pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi) nantinya juga perlu mempunyai jiwa petarung, berpikir di luar hoax, dan visioner. Khususnya untuk memajukan, membangkitkan kembali kehutanan dan industrinya.

“Saya pikir itu menjadi syarat bagi pemimpin yang akan mengendalikan kementerian kehutanan 5 tahun mendatang,” ucap Bambang.

Bambang menuturkan, KRN yang terdiri dari 21 organisasi kehutanan juga telah menetapkan visi misi kehutanan untuk lima tahun mendatang. Tujuannya, agar pengelolaan hutan dilakukan dengan baik dan benar, termasuk pemanfaatan potensi kekayaan alam dan sistem penyangga hutan.

“Ingat Indonesia memiliki potensi yang luar biasa di sektor kehutanan, karena 64 persen tapak bumi nusantara adalah area hutan,” demikian Bambang.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Disdik DKI Beri Sanksi Tegas ke Guru Intoleran di Sekolah

Disdik DKI Beri Sanksi Tegas ke Guru Intoleran di Sekolah

NEWS | 5 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings