Tambah Kualitas, Unika Atma Jaya Resmikan Laboratorium Komunikasi

Tambah Kualitas, Unika Atma Jaya Resmikan Laboratorium Komunikasi
Tampilan laboratorium TV Prodi Ilmu Komunikasi di Unika Atma Jaya yang diresmikan Jumat (30/8) ( Foto: istimewa / istimewa )
Irawati D Astuti / IDS Sabtu, 31 Agustus 2019 | 09:00 WIB

Tangerang Selatan, Beritasatu.com - Setelah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), program studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Unika Atma Jaya) terus berbenah untuk menambah kualitas. Salah satunya dengan meresmikan laboratorium praktik dengan fasilitas memadai di Kampus 3 BSD, Tangerang Selatan, Jumat (30/8). Laboratorium yang terletak di lantai 6 Gedung Anex ini terdiri dari laboratorium TV, laboratorium radio, dan laboratorium fotografi.

Sebelumya, laboratorium radio sudah dapat digunakan untuk mendukung perkuliahan secara umum sejak 2018. Disusul tahun 2019 ini, laboratorium fotografi dan laboratorium TV sudah dapat mendukung proses pembelajaran.

Rektor Unika Atma Jaya, Dr. Agustinus Prasetyantoko, berharap fasilitas ini dapat menunjang pembelajaran serta menjadi sarana dalam mengembangkan kemampuan mahasiswa di Prodi Ilmu Komunikasi.

“Dengan adanya laboratorium komunikasi, maka lengkap fasilitas yang secara resmi dimiliki oleh Prodi Komunikasi. Oleh karena itu, kami akan meningkatkan performa yang lebih baik ke depan. Saya kira Prodi Komunikasi menjadi salah satu prodi unggulan di Unika Atma Jaya dan karena itu kita terus mengembangkan fasilitas dan kurikulum yang terus diperbarui,” kata Agustinus saat meresmikan laboratorium.

Sebagai Kepala Prodi Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya, Dr. Dorien Kartikawangi menjelaskan bahwa laboratorium ini sebenarnya disiapkan sejak awal ketika rencana strategis pembukaan prodi itu dimulai.

“Dengan memiliki tiga laboratorium ini tentu kita mengharapkan bahwa mahasiswa Ilmu Komunikasi bisa lebih memahami tentang media itu sendiri dan karakteristiknya. Ke depannya, tidak hanya prodi Ilmu Komunikasi saja yang dapat menggunakan lab ini, tetapi prodi lain di Unika Atma Jaya bahkan masyarakat atau industri lain di luar Unika Atma Jaya juga bisa,” jelasnya.

Ucapan selamat pun datang dari salah satu praktisi PR dari Bulog, Benny Siga Butarbutar yang turut hadir dalam peresmian laboratorium tersebut. Ia berharap fasilitas ini dapat menjadi sebuah capaian dan tantangan untuk mempersiapkan mahasiswa unggul, khususnya di dunia media.

Ia berharap, Prodi Ilmu Komunikasi akan mendorong mahasiswa untuk berpikir strategis di era digital serta mempersiapkan mereka menjadi pemimpin yang memiliki kemampuan. Tidak hanya dalam hal pengetahuan, melainkan juga kepribadian, dan kapasitas hard skill maupun soft skill.



Sumber: Suara Pembaruan