Nelayan Sibolga Tangkap Penyu Raksasa

Nelayan Sibolga Tangkap Penyu Raksasa
Nelayan sedang berusaha mengingkat penyu raksasa yang terjaring pukat nelayan saat mencari ikan di perairan Sibolga, Pulau Poncan Gadang, Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut). Satwa langka yang dilindungi itu memiliki berat lebih dari 100 kilogram (kg), Minggu, 1 September 2019. (Foto: Istimewa)
Arnold H Sianturi / JEM Senin, 2 September 2019 | 14:22 WIB

Sibolga, Beritasatu.com - Seekor penyu raksasa terjaring pukat nelayan yang mencari ikan di Perairan Sibolga, Pulau Poncan Gadang, Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut). Penyu yang termasuk langka dan dilindungi pemerintah itu, memiliki berat lebih dari 100 kilogram (kg).

Nelayan yang berhasil menangkap penyu raksasa itu adalah Nurdin (40) dan Mahmud Siregar. Kedua nelayan itu sempat membawa penyu itu ke tepi pantai dan berencana menjualnya ke pasar seharga Rp 600 ribu.

"Setelah mendapatkan informasi bahwa nelayan mendapat penyu ukuran besar saat menjaring ikan, Komunitad Menjaga Pantai (Komantap) langsung turun bersama aparat keamanan," ujar Koorsinator Komantap, Damai Mendrofa, Senin (2/9/2019).

Damai mengatakan, aparat kepolisian didampingi petugas TNI Angkatan Laut di Sibolga juga mengingatkan kedua nelayan itu supaya tidak menjual satwa yang dilindungi tersebut. Sebab, jika dijual bisa dipastikan melanggar hukum.

"Mereka mau menjual satwa langka itu karena tidak mengetahui bahwa penyu yang ditangkap itu dilindungi oleh Undang - undang. Namun, setelah diberikan penjelasan, mereka melepaskan kembali penyu itu ke tengah perairan di Sibolga," sebutnya.



Sumber: Suara Pembaruan