2 Ruas Tol Trans Sumatera Segera Diresmikan Tahun ini

2 Ruas Tol Trans Sumatera Segera Diresmikan Tahun ini
Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Tol Tras Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni-Terbanggi Besar di Desa Jati Agung, Lampung Selatan, Lampung, Minggu (26/5/2019). ( Foto: Antara Foto / Ardiansyah )
Thresa Sandra Desfika / JAS Kamis, 5 September 2019 | 14:44 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Hutama Karya menargetkan dua ruas dalam jaringan Jalan Tol Trans Sumatera diresmikan dan beroperasi pada September serta November 2019. Kedua ruas jalan tol itu adalah Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 185 km dan Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km.

Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo mengatakan, peresmian Ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung direncanakan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada September 2019. Ruas tol itu akan menyambungkan Bakauheni hingga Palembang.

"Sebelumnya, pada Maret 2019 Presiden Joko Widodo telah meresmikan Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 km. Adapun sisa 33 km, yakni Kayu Agung-Palembang, konsesinya dimiliki pihak lain, namun direncanakan dapat difungsionalkan pada akhir tahun ini," ujar Bintang di Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Bintang menambahkan, ketika keseluruhan ruas Bakauheni-Palembang tersebut tersambung pada akhir tahun ini, maka dapat dipastikan waktu tempuh dari Bakauheni menuju Palembang dapat dilalui dalam 4 jam dengan jarak 365 km. Sebelum ada jalan tol itu, waktu tempuhnya tercatat 10-12 jam.

Adapun peresmian dan pengoperasian Ruas Pekanbaru-Dumai, menurut Bintang, dijadwalkan terlaksana pada akhir November 2019. Pembebasan lahan jalan tol itu sudah hampir 100 persen, tetapi tetap diperlukan koordinasi dengan pihak lainnya agar pembangunan konstruksi jalan tol sesuai jadwal.

"Insyaallah Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, kami siapkan untuk diresmikan Bapak Presiden pada akhir tahun ini," terang Bintang.



Sumber: BeritaSatu.com