Moeldoko Terpilih Jadi Ketua Alumni Universitas Terbuka

Moeldoko Terpilih Jadi Ketua Alumni Universitas Terbuka
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko ( Foto: Beritasatu TV )
Maria Fatima Bona / IDS Kamis, 5 September 2019 | 11:00 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Bersamaan dengan peringatan Dies Natalis Universitas Terbuka (UT) yang ke-35, Ikatan Alumni UT (IKA-UT) menyelenggarakan Musyawarah Nasional IV (Munas) pada Selasa (3/9) dan Rabu (4/9). Dalam musyawarah tersebut, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko terpilih sebagai Ketua Umum IKA-UT untuk periode 2019-2024. Kepala Staf Kepresidenan tersebut resmi menggantikan Linda Gumelar yang mengisi posisi Ketum IKA-UT periode sebelumnya.

“Sebagai salah satu alumni, saya memohon kepada kita semua dan kepada lembaga UT untuk bisa berkontribusi dalam proses pembangunan nasional, dan terlibat secara langsung," kata Moeldoko melalui video singkat. Ia terpaksa berkomunikasi lewat video karena berhalangan hadir pada acara Penutupan Munas IKA-UT yang bertemakan “Perkokoh Persatuan dan Konektivitas Bangsa di Era Siber” di kediaman Linda Gumelar di Jakarta, Rabu (4/9) malam.

Moeldoko mengaku bangga atas pengangkatannya sebagai Ketum IKA-UT 2019-2024. Apalagi, kini UT merupakan kampus dengan jumlah mahasiswa paling besar di Indonesia.

"Dengan mahasiswa yang cukup besar, maka sesungguhnya UT telah memasuki top 10 mega university of the world," ujar dia.

Kepada Moeldoko, Linda mengusulkan sejumlah program, salah satunya adalah peningkatan kerja sama dengan lembaga pemerintah dan nonpemerintah. Dia juga mengusulkan pengelolaan media sosial untuk mensosialisasi program UT, serta meningkatkan peran IKA-UT dalam kegiatan beasiswa bagi mahasiswa membutuhkan dan berprestasi.

“Sehingga manfaatnya akan semakin dirasakan bagi alumni maupun untuk masyarakat luas, dan tentu berdampak pada semakin berkibarnya UT,” ujarnya.

Sementara itu, rektor Universitas Terbuka (UT), Ojat Darojat, mengucapkan terima kasih atas masa bakti Linda Gumelar sebagai ketua IKA-UT. “Terima kasih Bu Linda yang telah bekerja dan meluangkan waktunya mengabadi untuk IKA-UT. Saya kira apa yang dilakukannya memberikan kontribusi luar biasa pada UT,” ujarnya.

Sedangkan hadirnya sosok Moeldoko sebagai ketua IKA-UT 2029-2024 menurut Ojat, dapat menempatkan UT pada posisi strategis di masa mendatang. Apalagi saat ini terdapat 1.750.000 alumni UT yang tersebar di seluruh Tanah Air maupun di luar negeri.

“Alumni UT ini merupakan modal sosial sangat baik sebagai pagar bangsa pada era siber ini,” ujarnya.



Sumber: Suara Pembaruan