Pemkot Denpasar Diapresiasi Berbagai Negara

Pemkot Denpasar Diapresiasi Berbagai Negara
Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra saat menjadi narasumber di Gedung PBB, Wina, Austria, Selasa (3/9/2019). (Foto: istimewa)
Bernadus Wijayaka / BW Minggu, 8 September 2019 | 20:14 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar mendapat apresiasi dari berbagai negara. Terakhir, Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra diundang menjadi pembicara di markas Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB ) di Wina, Austria dalam Bridge For Cities 4.0 Connecting Cities Throught The New, pekan lalu.

Rai Mantra, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (9/9/2019), mengatakan, dia berbicara di hadapan 800 perwakilan kota dunia yang tergabung dalam United Nation Industry Development Organisation (UNIDO).

Dia mengulas filosofi budaya Tri Hita Karana yang menjadi dasar pijakan dalam melaksanakan pembangunan di Kota Denpasar.

“Tri Hita Karana merupakan tiga sebab kebahagian sejati dengan membangun harmonisasi komponen manusia, alam atau lingkungan dan Tuhan. Tri Hita Karana ini sebagai pemandu kami untuk melaksanakan pembangunan berkelanjutan di Kota Denpasar yang sejalan dengan sustainable development goals (SDGs ),” jelasnya.

Berbagai inovasi pelayanan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan inovasi baru seperti halnya sistem pengelolaan lingkungan dengan melibatkan pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, swasta, bank, masyarakat, dan sekolah yang dikenal dengan Si Darling.

“Jadi Si Darling tujuannya membangun kesadaran bersama agar peduli terhadap lingkungan,“ kata Rai Mantra.

Menurut Rai Mantra, salah satu peserta dari Warsawa, Polandia, Jaques Tourel memberikan apresiasi kepadanya atas keberhasilan pembangunan di Kota Denpasar. Bahkan, Tourel berkeinginan menjalin kerja sama dengan Pemkot Denpasar, khususnya dalam bidang pariwisata dan budaya.



Sumber: Suara Pembaruan