Atasi Percaloan Paspor, Ditjen Imigrasi Gandeng Tim Saber Pungli

Atasi Percaloan Paspor, Ditjen Imigrasi Gandeng Tim Saber Pungli
Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie ( Foto: Antara/M Agung Rajasa )
Gardi Gazarin / BW Minggu, 8 September 2019 | 21:34 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan Tim Saber Pungli Polda seluruh Indonesia untuk menindak pihak yang terlibat dalam kasus percaloan paspor via daring.

Kejahatan menggunakan sarana teknologi informasi ini adalah kasus kedua, setelah sebelumnya terungkap kasus pendaftaran daring.

Menurut Ronny, apabila ada pejabat Imigrasi yang terlibat kasus ini, maka akan diserahkan kepada penyidik Polisi untuk meneruskan proses penyidikannya sampai ke pengadilan.

Tujuannya, memberikan efek jera kepada orang-orang yang terlibat sindikat dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam sistem pendaftaran paspor daring.

"Aksi kriminal ini sangat keterlaluan. Upaya memberikan pelayanan sebaik apa pun kalau dimainkan oleh sindikat seperti ini, maka perlu upaya penegakan hukum yang dapat memberikan efek jera bagi para pelakunya" uhar Ronny F Sompie, Minggu (9/9/2019).

Dirjen Imigrasi sangat berterima kasih atas kerja sama yang dilakukan oleh Polrestabes Bandung membantu Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Bandung dalam mengungkap kasus tersebut.



Sumber: Suara Pembaruan