Warga Garut Antusias Dukung Bakti Sosial Alumni IPB

Warga Garut Antusias Dukung Bakti Sosial Alumni IPB
Ratusan warga ikut dalam bakti sosial Alumni IPB di Garut, Jawa Barat.
Heriyanto / HS Senin, 9 September 2019 | 06:18 WIB

Garut, Beritasatu.com - DPP Himpunan Alumni (HA) Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar bakti sosial di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian alumni IPB kepada masyarakat Garut, seperti donor darah, penanaman pohon langka dan penghijauan. Ratusan warga menyambut antusias kegiatan DPP HA IPB bersama DPC HA IPB Garut yang didukung Pemerintah Kabupaten Garut tersebut.

Wakil Ketua Umum DPP Himpunan Alumni IPB Nelly Oswini mengatakan, acara bakti sosial yang dirangkai dalam ragam kegiatan itu, merupakan bentuk kepedulian para alumni, terhadap masyarakat Garut.
"Selain bantuan buat korban banjir 2016 lalu, sekaligus kami lakukan kegiatan pelestarian alam berupa penghijauan dan penanaman pohon langa," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (8/9).

Dikatakan, kegiatan bakti sosial pada Sabtu (7/9) itu merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab alumni IPB dalam mencerdaskan masyarakat, termasuk menjaga kelestarian alam sekitar. "Ada sekitar 350 paket, ribuan buku, serta 20 ribu bibit pohon langka yang kami berikan hari ini," ujar dia.

Tidak hanya itu, kata dia, HA IPB dan IPB juga siap memberikan masukan bagi pemerintah Garut, terutama penyertaan tenaga ahli dalam kajian dan penelitian lahan kritis, termasuk juga ancaman di dalamnya seperti longsor dan banjir.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengaku bangga, wilayahnya menjadi salah satu tujuan kegiatan sosial alumni IPB. "Banyak juga lulusan alumni IPB yang berkiprah dalam pembangunan di Garut," kata dia.

Menurut dia, kegiatan bakti sosial salah satunya donor darah, sangat penting dalam menambal kekurangan pasokan labu darah bagi masyarakat Garut saat ini. "Terkadang kami menggantungkan pasokan dari Tangerang, Bandung, Bekasi, dan Jakarta," ujar dia.

Dalam kesempatan itu, para alumni IPB turut serta menanam secara simbolis beberapa pohon langka endemik yang hanya tumbuh di kabupaten Garut. Apalagi, Garut merupakan salah satu kawasan konservasi nasional di Jawa Barat. Untuk tahap, penanaman dan penghijauan dilakukan pada area sekitar hulu sungai Cimanuk.

Ketua Panitia Fajar Sidiq dan Ketua DPC Garut Wawan Kurnia menyampaikan terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak dalam acara bakti sosial yang dimulai di pendopo Kabupaten Garut.

Adapun beberapa tumbuhan langka tersebut adalah Saninten, Kecapi, Kalimuru, Bisbul, Gaharu, hingga Eboni.
Saat ini ada sekitar 280 jenis pohon endemik di Garut, namun dari jumlah itu 80 jenis diantaranya sudah mulai langka ditemukan.



Sumber: Suara Pembaruan