Jokowi Janjikan 1.000 Sarjana Papua Bekerja di BUMN dan Swasta

Jokowi Janjikan 1.000 Sarjana Papua Bekerja di BUMN dan Swasta
Presiden Jokowi Ajak Warga Papua Saling Memaafkan ( Foto: Youtube.com/BeritaSatu / BSTV )
Carlos KY Paath / MPA Selasa, 10 September 2019 | 17:58 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com – Pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Papua dan Papua Barat menjadi perhatian pemerintah. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan 1.000 sarjana dari Tanah Papua bakal diterima bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan besar swasta.

“Saya buka untuk BUMN dan perusahaan swasta besar. Akan saya paksa, karena kalau lewat prosedur sudah kelamaan. Jadi kewenangan saya, saya gunakan, agar bisa terima yang baru lulus mahasiswa dari Tanah Papua. Saya menyampaikan 1.000 (sarjana) dulu lah,” kata Presiden.

Hal itu disampaikan Presiden saat bertemu tokoh-tokoh Papua di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/9/2019). “Nanti akan saya atur lagi masalah PNS (pegawai negeri sipil) supaya juga ada penempatan di provinsi-provinsi yang lain, termasuk kita atur di eselon I, II, III,” imbuh Presiden.

Pada kesempatan itu, Presiden membagi pengalamannya ketika berjumpa mahasiswa Papua yang menimba ilmu di sejumlah negara seperti di Amerika Serikat, Selandia Baru, dan Australia. Menurut Presiden, para mahasiswa tersebut sangat pintar.

“Bukan pintar-pintar tapi sangat pintar-pintar. Banyak menanyakan, 'Pak, saya kalau udah lulus saya mau ke mana?', ya kembali ke Tanah Papua, 'terus saya kerja apa?'. Pertanyaan-pertanyaan seperti itu memang tidak hanya anak-anak muda di Papua, tapi juga anak muda di provinsi lain,” ujar Presiden.



Sumber: Suara Pembaruan