Presiden Jokowi Kenang Habibie Sebagai Ilmuwan Kelas Dunia

Presiden Jokowi Kenang Habibie Sebagai Ilmuwan Kelas Dunia
Presiden Ketiga RI BJ. Habibie menghadiri buka puasa bersama ICMI di 2016. ( Foto: BeritaSatu Photo / Emral Firdiansyah )
Carlos KY Paath / HA Rabu, 11 September 2019 | 19:02 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - “Innalillahi wainnaillaihi roji'un, Innalillahi wainnaillaihi roji'un, Innalillahi wainnaillaihi roji'un,” demikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mengawali jumpa pers di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019) petang. Presiden menyampaikan duka cita atas wafatnya Presiden ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie.

“Perkenankan saya atas nama seluruh rakyat Indonesia dan pemerintah menyampaikan duka yang mendalam menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas berpulangnya ke Rahmatullah, Bapak Profesor BJ Habibie jam 18.05 di RSPAD Gatot Subroto,” ungkap Presiden Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, dan putra sulungnya Gibran Rakabuming.

Presiden Jokowi mengenang Habibie sebagai seorang ilmuwan kelas dunia.

“Bapak Habibie kita kenal, sebagai seorang ilmuwan kelas dunia juga Bapak Teknologi Indonesia serta beliau adalah Presiden Republik Indonesia yang ketiga. Beliau berpulang ke Rahmatullah dalam usia 83 tahun, dan nantinya dari rumah sakit akan dibawa ke rumah duka beliau di Kuningan,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi pun menyebut, “Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, kesabaran, dan bisa melanjutkan apa yang dicita-citakan oleh Bapak Profesor BJ Habibie semasa hidupnya.”

Presiden mengaku tiba lima menit sebelum Habibie tutup usia. “Saya sampai di sini lima menit sebelumnya, beliau sudah tiada. Tetapi tiga hari yang lalu saya sudah menengok beliau, tetapi sama, juga tidak bisa berbicara dengan beliau, karena memang kondisi sakit beliau,” tutur Presiden Jokowi.

Di sisi lain, Presiden Jokowi mengungkap, Habibie selalu menaruh perhatian terhadap kondisi kebangsaan. Habibie beberapa kali menemui Presiden Jokowi di istana kepresidenan Jakarta.

“Beliau selalu setiap persoalan-persoalan yang ada di negara kita, baik yang berkaitan dengan persoalan ekonomi, persoalan kebangsaan, beliau selalu langsung menyampaikan solusinya, jalan keluarnya. Kadang sering beliau datang ke istana, atau pun saya yang datang ke rumah Pak BJ Habibie. Beiau adalah seorang negawraran yang patut kita jadikan sosok dan suri teladan dalam kehidupan,” tutup Presiden Jokowi.



Sumber: BeritaSatu.com