Capim Lili Pintauli Siregar Janji Perbaiki Komunikasi LPSK - KPK

Capim Lili Pintauli Siregar Janji Perbaiki Komunikasi LPSK - KPK
Calon Pimpinan KPK Lili Pintauli Siregar saat uji kelayakan dan kepatutan calon pimpinan KPK di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (11/9/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono )
Hotman Siregar / WM Rabu, 11 September 2019 | 21:15 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Calon pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar mengaku ingin memperbaiki komunikasi antara Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) dengan KPK. Sebab, selama ini LPSK sulit berkomunikasi dengan KPK.

Hal tersebut merupakan pengalamannya saat menjabat sebagai wakil ketua LPSK dua periode. Lili yang berasal dari unsur advokat itu pun memberikan contoh, ketika dirinya ingin ingin melakukan perlindungan saksi terhadap para tersangka.

Akan tetapi, hal tersebut tidak bisa karena ketidaktebukaan KPK.

"Bahkan para Anggota LPSK yang terpilih sekarang belum bisa bertemu dengan pimpinan KPK. Saya sepuluh tahun jadi LPSK juga kesulitan," kata Lili dalam uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Dia pun mengaku pernah melakukan jemput bola dalam upaya memberikan perlindungan terhadap saksi di sebuah kasus yang ditangani oleh KPK. Kemudian, LPSK mencari alamat dan nomor telepon dari saksi tersebut.

‎"Kita mendapatkan akses dan alamat yang tidak diberi KPK. Saat kita berkomunikasi dengan KPK, KPK bilang Anda dapat dari mana. Kalau seperti itu susah berkolaborasi dengan KPK," imbuhnya.

Maka itu, dia akan memperbaiki persoalan komunikasi itu jika menjadi pimpinan KPK periode 2019-2023 nanti.

"Saya masuk ke KPK untuk mencoba memperbaiki dengan KPK. Sehingga orang-orang yang berstatus sebagai justice collaborator dan saksi supaya haknya terpenuhi," katanya.



Sumber: Suara Pembaruan