Jika Terpilih, Firli Ingin Bentuk Perwakilan KPK di Daerah

Jika Terpilih, Firli Ingin Bentuk Perwakilan KPK di Daerah
Calon Pimpinan KPK Firli Bahuri saat uji kelayakan dan kepatutan calon pimpinan KPK di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (12/9/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono )
Robertus Wardi / WBP Kamis, 12 September 2019 | 22:30 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Calon Pimpinan (Capim) KPK Irjen Firli Bahuri berjanji akan membentuk perwakilan KPK di daerah-daerah jika terpilih sebagai pimpinan KPK. Perwakilan itu penting karena Indonesia sangat luas.

"Ini penting karena wilayah Indonesia sangat luas. Tidak mungkin lakukan pencegahan tindakan korupsi tanpa perwakilan di propinsi atau kabupaten," kata Firli Bahuri dalam fit and proper test di Komisi III, gedung DPR, Jakarta, Kamis (12/9).

Ia menjelaskan perwakilan itu bisa membentuk kantor sendiri di daerah-daerah. Tetapi juga bisa kerja sama dengan instansi-intasi terkait di daerah seperti BPKP, APIP, dan yang lainnya.

Dalam paparannya, Firli mengemukakan pemberantasan korupsi tidak sekadar menghukum dan memenjarakan orang. Yang lebih penting lagi adalah pengembalian kerugian negara. "‎Tujuan penegakkan hukum dalam pemberantasan korupsi tidak hanya menghukum seseorang, memasukkan orang dalam penjara, tetapi bagaimana kita bisa mengurangi kerugian negara, kerugian keuangan negara, kerugian perekonomian negara," tegas Firli Bahuri.



Sumber: Suara Pembaruan