Sediakan Layanan Digital, BPD DIY Gandeng Tokopedia

Sediakan Layanan Digital, BPD DIY Gandeng Tokopedia
Penandatanganan kesepakatan kerja-sama pembayaran digital antara Bank BPD DIY dengan dua perusahaan digital nasional, yakni Tokopedia dan platform e-wallet Gopay di Aula Istimewa Lantai 7 Bank BPD DIY, dilakukan langsung oleh Direktur Utama Bank BPD DIY Santoso Rohmad dengan VP of Public Policy and Government Relations Tokopedia Astri Wahyuni dan Head of Gopay Sales Acquisition PT Dompet Anak Bangsa (Gopay) Arno Tse disaksikan  Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X. ( Foto: Suara Pembaruan / Fuska Sani Evani )
Fuska Sani Evani / JEM Kamis, 12 September 2019 | 13:10 WIB

Yogyakarta, Beritasatu.com -  Untuk meningkatkan dan mempermudah akses pembayaran pajak dan retribusi, Bank BPD DIY menggandeng dua perusahaan digital nasional, yakni Tokopedia dan platform e-wallet Gopay.

Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad, menyampaikan bahwa melalui kerja sama ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada nasabah maupun masyarakat dalam bertransaksi.

Selain itu, kerja sama ini juga diharapkan mampu mendukung upaya reformasi birokrasi dan transparansi finansial yang diusung oleh Pemda DIY.

"Bank BPD DIY telah memiliki beberapa layanan berbasis digital yang dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi finansial termasuk didalamnya pembayaran pajak dan retribusi daerah, melalui kolaborasi dengan GoPay ini masyarakat akan memiliki lebih banyak pilihan chanel untuk melakukan transaksi pembayaran," terangnya, Rabu (11/9/2019).

"BPD DIY telah memiliki beberapa layanan berbasis digital yang dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi finansial termasuk di dalamnya pembayaran pajak dan retribusi daerah. Dengan adanya kolaborasi dengan Tokopedia dan Gopay ini masyarakat akan memiliki lebih banyak pilihan chanel untuk melakukan transaksi pembayaran," kata Santoso.

Dengan hadirnya akses pembayaran digital tersebut, akan memudahkan masyarakat dalam membayar pajak maupun retribusi bisa menggunakan kedua platform tersebut.

Selain itu, kerjasama ini juga diharapkan mampu mendukung upaya reformasi birokrasi dan transparansi financial yang diusung oleh Pemda DIY.

Selain memberikan keuntungan finansial kepada pemerintah, elektronifikasi juga mendukung transparansi pengelolaan keuangan pemerintah sekaligus efisiensi sumber daya dalam proses pembayaran tagihan dan pembayaran yang berhak diterima pemerintah.

Bahkan, kerjasama di bidang digital ini menurut Bank Indonesia bisa meningkatkan secara signifikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa mencapai rata-rata 11 persen apabila pemerintah daerah memanfaatkan transaksi nontunai.

Penandatanganan dilaksanakan di Aula Istimewa Lantai 7 Bank BPD DIY dan dilakukan langsung oleh Direktur Utama Bank BPD DIY Santoso Rohmad dengan VP of Public Policy and Government Relations Tokopedia Astri Wahyuni dan Head of Gopay Sales Acquisition PT Dompet Anak Bangsa (Gopay) Arno Tse.

Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X yang turut hadir menyaksikan penadatanganan kerjasama ini mengapresiasi kerjasama antara perbankan daerah dengan salah satu platform digital anak bangsa ini.

Kerjasama ini diharapkan mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada nasabah BPD DIY maupun masyarakat pada umumnya dalam bertransaksi.

Dalam penandatanganan kesepakatan tersebut turut dihadiri Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY Hilman Tisnawan serta Kepala OJK DIY Untung Nugroho, Bupati Sleman Sri Purnomo, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti serta Setda Kabupaten Gunungkidul.

VP of Public Policy and Government Relations Tokopedia Astri Wahyuni menambahkan hadirnya kerjasama dengan pemerintah daerah melalui BPD DIY tentu sejalan dengan visi misi perusahaan yang memiliki semangat menjadikan perusahaan super ekosistem yang berdampak pada masyarakat.

"Kerjasama ini sejalan dengan visi kami yakni membangun ekosistem dimana semua orang bisa memulai dan menemukan apapun sehingga tercipta pemerataan ekonomi secara digital," terangnya.

Head of Sales GoPay, Arno Tse menjelaskan, sebagai fintech karya anak bangsa, GoPay terus berupaya untuk mendukung cita-cita tersebut dengan menghadirkan kemudahan pembayaran nontunai di berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk dalam membayar pajak.

Sebelumnya, GoPay juga sudah menandatangani Nota Kesepahaman dengan beberapa Bank BPD lainnya untuk menghadirkan kemudahan transaksi nontunai menggunakan GoPay untuk pembayaran retribusi dan pajak daerah.



Sumber: Suara Pembaruan