Hadapi Pilkada Serentak 2020, PDIP Perkuat Konsolidasi di Kalbar

Hadapi Pilkada Serentak 2020, PDIP Perkuat Konsolidasi di Kalbar
Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto (tengah berkacamata) saat menghadiri konsolidasi partai di Sintang, Kalimantan Barat, Jumat, 13 September 2019. ( Foto: Istimewa )
Asni Ovier / AO Jumat, 13 September 2019 | 15:23 WIB

Sintang, Beritasatu.com - DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) melaksanakan konsolidasi kader di Kalimantan Barat sebagai bagian dari strategi partai untuk menguatkan persiapan menuju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

Menurut Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, dirinya memimpin proses konsolidasi itu sebagai bagian dari pelaksanaan amanat Kongres V PDIP yang dilaksanakan beberapa bulan lalu. "Karena, salah satu amanat kongres adalah partai melakukan penguatan mekanisme kelembagaan kepemimpinan di dalam menghasilkan pemimpin melalui Pilkada Serentak 2020," kata Hasto, di Sintang, Kalimantan Barat, Jumat (13/9/2019).

Yang utama dilakukan dalam konsolidasi itu, ujarnya, adalah penguatan struktur partai agar semakin sadar pada tugas ideologi menjaga Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Bhinneka Tunggal Ika, dan menjalankan perintah konstitusi. Konsolidasi sekaligus juga memperkuat kesadaran pentingnya kekuatan kolektif di dalam menjalankan tugas-tugas kepartaian mendukung pemerintahan Presiden Jokowi.

"Jadi, juga agar seiring dan senapas dengan apa yang juga diperjuangkan Pak Jokowi untuk kemajuan di seluruh aspek kehidupan bagi Indonesia Raya kita," ujar Hasto.

Sebelum ke Kalimantan Barat, konsolidasi sudah dilakukan oleh Hasto di Jawa Timur dan Aceh. Menurut rencana, akan ada beberapa provinsi lagi yang didatangi, seperti Sumatera Barat dan Nusa Tenggara Barat.

Di dalam konsolidasi ke Kalbar ini, Hasto ditemani oleh jajaran DPP PDIP, seperti Ketua DPP bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto, Ketua DPP bidang Ideologi Djarot Saiful Hidayat, serta Ketua DPP bidang Perempuan dan Anak Sri Rahayu. Bersama mereka, turut hadir juga Ketua DPD PDIP Kalbar Lasarus.



Sumber: BeritaSatu.com