Menhub: Kabut Asap Belum Ganggu Penerbangan

Menhub: Kabut Asap Belum Ganggu Penerbangan
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, memberi keterangan kepada media usai membuka pameran Indotrans Expo 2019, di Jakarta Convention Center (JCC), 13 September 2019 ( Foto: Beritasatu Photo / Herman )
Herman / FER Jumat, 13 September 2019 | 16:13 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut kabut asap kebakaran hutan yang terjadi di Riau dan Kalimantan belum memberi dampak yang serius pada dunia penerbangan. Namun, Menhub berharap ada upaya maksimal dalam menyelesaikan persoalan kabut asap ini agar tidak memberi dampak yang semakin buruk.

"Sejauh ini belum ada dampak yang serius ya, tapi ke depannya kalau tidak ada upaya-upaya menyelesaikan, ini akan serius," kata Menhub Budi di pembukaan pameran Indotrans Expo 2019, di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (13/9/2019) siang.

Menhub menyampaikan, saat ini Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan terus melakukan koordinasi yang intensif dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan juga dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk segera menyelesaikan persoalan asap tersebut. Sebab, jika dibiarkan bisa menjadi ancaman serius bagi dunia penerbangan.

"Menurut keterangan, memang Riau yang dalam posisi paling besar. Karena dua hal, yang dari Selatan itu ke arah Riau. Dari Riau nggak bisa kemana-mana, karena ada angin tertentu yang di Selat Malaka, jadi mereka (asap) setop di Riau,” ujar Menhub.



Sumber: BeritaSatu.com