Nasdem Usung Bupati Bengkulu Tengah di Pilgub 2020

Nasdem Usung Bupati Bengkulu Tengah di Pilgub 2020
Bupati Bengkulu Tengah, Ferry Ramli (kiri). ( Foto: Diskominfo Bengkulu Tengah )
Usmin / JAS Sabtu, 14 September 2019 | 07:45 WIB

Bengkulu, Berutasatu.com - Partai Nasdem akan mengusung Bupati Bengkulu Tengah, Ferry Ramli untuk menjadi kandidat bakal calon gubernur (cagub) pada pemilihan gubernur (Pilgub) 2020 mendatang.

"Nasdem sudah final akan mengusung Ferry Ramli menjadi kandidat cagub Bengkulu di Pilkada 2020. Ketua DPD Nasdem Provinsi Bengkulu, ini sangat layak untuk menjadi Gubernur Bengkulu mendatang," kata Sekretaris DPW Nasdem Bengkulu, Erna Sari Dewi, di Bengkulu, Jumat (13/9/2019).

Ia mengatakan, dengan diusungnya Ferry Ramli oleh Nasdem sebagai cagub di Pilgub 2020, maka rencana koalisi dengan Partai Golkar kemungkinan tidak jadi alias gagal.

"Rencananya kita akan berkoalisi dengan Golkar untuk mengusung satu paslon di Pilgub Bengkulu. Golkar akan mengusung calon petahana Rohidin Mersyah sebagai cagub dan cawagub akan ditetapkan kemudian," ujarnya.

Namun, setelah Ketua DPD Bengkulu Nasdem menyatakan siap maju di Pilgub Bengkulu, maka rencana koalisasi kemungkinan besar akan batal.

"Nasdem memiliki enam kursi di DPRD Provinsi Bengkulu, dan jika kita tidak mengusung cagub sendiri rugi sekali. Kita akan cari tambahan tiga kursi lagi melalui koalisasi dengan parpol lain," ujarnya.

Meski Nasdem sudah memutuskan akan mengusung Ferry Ramli, tetapi pihaknya tetap membuka penjaringan cagub dan cawagub Bengkulu yang akan diusung di Pilgub tahun depan.

Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada kader dan nonkader ikut berkompetisi dalam penjaringan kandidat cagub-cawagub yang diadakan Partai Nasdem.

Sementara itu, Sekretaris Partai Golkar Bengkulu, Samsu Amanah menegaskan, Golkar sudah final akan mengusung calon petahana Rohidin Mersyah di Pilgub tahun depan. "Rakyat Bengkulu masih meminta Pak Rohidin satu periode lagi menjadi gubernur daerah ini," ujarnya.

Meski Golkar sudah final mengusung Rohidin Mersyah sebagai kandidat cagub di Pilgub 2020, tapi partainya tetap akan membuka penjaringan kandidat balon cagub dan cawagub. Ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada kader lain dan nonkader untuk mengikuti seleksi cagub dan cawagub yang akan diusung di Pilkada 2020.

Namun, Samsu Amanah belum bersedia menyebutkan calon wakil yang akan mendampingi Ketua DPD Golkar Bengkulu, Rohidin Mersyah di Pilgub 2020 mendatang meski dalam rapat internal partai sudah mengemuka nama Imron Rosyadi sebagai wakil Rohidin.

"Kita masih perlu tambahan dua kursi lagi agar bisa mengusung satu paslon cagub dan cawagub di Pilgub 2020. Golkar hasil Pemilu lalu hanya mendapat tujuh kursi di DPRD Bengkulu, sehingga untuk mengusung satu paslon diperlukan tambahan dua kursi lagi," ujarnya.

Untuk mendapatkan tambahan kursi Golkar harus berkoalisi dengan partai lain. "Bisa saja wakil partai koalisi nanti akan mendampingi Pak Rohidin di Pilgub Bengkulu 2020. Dalam politik semua bisa bergantung kebutuhan," ujarnya.

Partai Golkar baru membuka penjaringan cabup dan cagub pada bulan Oktober mendatang. Sesuai petunjuk dari DPP Golkar baru membuka pendaftaran dan seleksi penjaringan kandidat balon cabup dan cagub yang akan diusung di Pilkada serentak 2020 bulan Oktober mendatang.



Sumber: Suara Pembaruan