Gubernur Rohidin Copot Sekda Provinsi Bengkulu

Gubernur Rohidin Copot Sekda Provinsi Bengkulu
Rohidin Mersyah ( Foto: Istimewa )
Usmin / JAS Sabtu, 14 September 2019 | 08:21 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah secara mengejutkan mencopot Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi, Nopian Andusti, Jumat (13/9/2019) sore.

Pencoptan Sekda Provinsi Bengkulu tersebut, sangat mengejutkan para ANS di lingkup pemprov setempat, karena sebelumnya tidak ada tanda-tanda Gubernur akan menonaktifkan orang ketiga di Pemprov Bengkulu tersebut.

Rohidin kepada wartawan membenarkan dirinya telah mencopot Nopian. Menurut Rohidin, pemberhentian ini dilakukan agar roda pemerintah berjalan lebih produktif.

"Pencopotan Sekdaprov ini sudah melalui tahapan evaluasi baik internal maupun eksternal. Tujuan dari penonaktifan Sekdaprov Nopian Andusti agar kinerja birokrasi di lingkup Pemprov Bengkulu lebih produktif lagi," ujarnya.

Untuk menjalankan tugas Sekda, Gubernur telah menunjuk Asisten I Pemprov Bengkulu, Hamka Sabri sebagai pelaksana tugas (Plt) hingga terpilih Sekdaprov yang definitif.

Seperti diketahui Nopian Andusti diangkat sebagai Sekdaprov Bengkulu, sekitar satu tahun lebih menggantikan Asnawi Alamat yang memasuki masa pensiun. Sebelum diisi oleh Nopian, Sekdaprov dijabat berapa beberapa orang Plt.

Plt Sekdaprov terakhir dijabat Asisten III Pemprov Bengkulu, Gotri Suyanto. Sebelumnya Plt Sekdaprov Bengkulu, Sumardi, dan Sudoto. Pejabat yang paling lama menjabat Sekdaprov Bengkulu adalah Sumardi merangkap Asisten I.

Nopian sebelum diangkat menjadi Sekdaprov Bengkulu, adalah staf ahli di Pemkab Bengkulu Selatan. Ketika dibuka penjaringan dan seleksi Sekdaprov Bengkulu, dia mendaftar.

Dari hasil panitia seleksi (Pansel) Sekdaprov Bengkulu, yang ketika itu diketuai Rektor Universitas (Unib) Bengkulu, Riduan Nurasi berhasil meloloskan 3 orang calon Sekdaprov Bengkulu, yakin Nopian, Fachriza, dan Dedy Hermansyah.

Dari tiga nama tersebut, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah memilih Nopian sebagai Sekdaprov Bengkulu definitif menggantikan pejabat Plt Gotri Suyanto.



Sumber: Suara Pembaruan